Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Linda Trilestari

Upaya Mengatasi Masalah Mahasiswa, Akibat Keberagaman di Lingkungan Kampus

Eduaksi | Wednesday, 01 Feb 2023, 12:28 WIB

Konten dari Pengguna

1 Febuari 2023

waktu baca 2 menit

Ilustrasi Upaya Mengatasi Masalah Mahasiswa, Akibat Keberagaman di Lingkungan Kampus- foto Mahasiswa UMKLA

Negara Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan keberagaman seperti berbagai suku, ras, agama, dan kebudayaan. Keberagaman inilah yang memperkaya bangsa ini dari berbagai perbedaan yang ada. Namun, perbedaan yang ada dapat menimbulkan beberapa masalah dalam lingkungan masyarakat, kerja, sekolah dll. Salah satu masalah di lingkungan sekolah adalah masalah bagi mahasiswa akibat keberagaman di lingkungan kampus. Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan kampus?

Masalah di lingkungan kampus yang dimaksud seperti keberagaman jurusan, asal daerah, agama dan latar belakang keluarga. Berikut ini penjelasan mengenai upaya yang bisa diterapkan untuk mengatasinya.

Bagaimana Upaya Mengatasi Masalah Akibat Keberagaman di Lingkungan Kampus?

Ilustrasi Bagaimana Upaya Mengatasi Masalah Akibat Keberagaman di Lingkungan Kampus (Foto: Kompasiana - https://www.kompasiana.com/image/alsadestika)

Berbagai macam perbedaan setiap mahasiswa di lingkungan kampus seperti jurusan, asal daerah, agama, dan status keluarga yang membentuk keberagaman Mahasiswa. Jika bisa belajar untuk saling menghargai hal ini tentu sangat menguntungkan. Namun, perbedaan yang ada bisa membuat Mahasiswa terpecah belah.

Dikutip dari Pluralisme dan Pendidikan Multikultural yang disusun oleh Japar, dkk (2022), pendidikan multikultural sangat dibutuhkan semua individu agar bisa menjadi solusi bagi setiap konflik yang terjadi.

Pendidikan multikultural bisa dijadikan sebagai sarana alternatif terbaik untuk mengatasi berbagai konflik sosial-budaya dengan menggunakan pendidikan formal dan non formal.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan kampusmu?

1. Saling menghargai dan menghormati

Rasa saling menghargai dan menghormati satu sama lain muncul untuk mencegah terjadinya ketegangan antara berbagai perbedaan dari masing-masing Mahasiswa yang ada di lingkungan kampus seperti perbedaan jurusan atau latar belakang keluarga.

2. Saling menjunjung sikap toleransi

Upaya yang kedua ini juga hal penting yang dapat dilakukan dengan menjunjung toleransi antar sesama. Meskipun dalam berbagai perbedaan, agama, asal daerah, jurusan, bahkan latar belakang keluarga tetapi kita harus saling mengedepankan rasa toleransi untuk mencegah konflik

3. . Menjalin hubungan sosial

Seseorang yang ada di lingkungan kampus tak lepas dari proses dan hubungan sosial antar sesamanya.

4. Berteman dengan mahasiswa beda jurusan

Bertemanlah dengan semua teman tanpa melihat jurusan atau pun perbedaann agama, keyakinan, kepercayaan, dan latar belakang keluarga.

Demikian beberapa upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan kampus. Yang mungkin dapat mengatasi masalah bagi Mahasiswa. (CHL)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image