Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Subuh Berjamaah, Rektor UMP Sampaikan Tiga Keuntungan Rajin Beribadah

Agama | Tuesday, 31 Jan 2023, 20:04 WIB
Subuh Berjamaah, Rektor UMP Sampaikan Tiga Keuntungan Rajin Beribadah

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr Jebul Suroso menjadi penceramah dalam acara Shalat Subuh Berjamaah dan pengajian Ahad Pagi yang digelar di Masjid Sabilul Muttaqin Pecikalan, Wangon, Banyumas, Ahad (29/1/2023) lalu.

Tidak hanya itu, acara yang digelar Remaja Masjid Desa Wangon Kecamatan Wangon, Banyumas itu juga tersedia pasar berkah gratis ke-8.

Dalam ceramahnya Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso menyampaikan 3 Keuntungan Bagi Orang Yang Rajin Beribadah. Rektor menjelaskan, beribadah merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam.

 

“Beribadah kepada Allah adalah menghambakan diri kepada-Nya dengan penuh kekhusyukan, memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya, karena merasakan bahwa hanya Allah-lah yang menciptakan, menguasai, memelihara dan mendidik seluruh makhluk,” jelasnya.

Rektor mengungkapkan tiga keuntungan orang yang rajin beribadah, yakni orang yang rajin beribadah akan lebih sehat. Para peneliti di Harvard University, Amerika Serikat, kecerdasan seseorang akan meningkat setelah melaksanakan salat. Hal tersebut disebabkan oleh gerakan sujud yang memudahkan pasokan oksigen mengalir secara optimal.

“Pada saat itu (red. Sujud) posisi jantung tepat berada di atas kepala, sehingga darah mampu mengalir dengan sangat baik ke otak. Dalam gerakan terakhir salat yaitu salam, ternyata juga mengandung manfaat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik,” jelasnya.

Gerakan salam ke kiri dan ke kanan, lanjut Rektor, ternyata dapat merelaksasi otot yang berada di sekitar leher dan kepala. “Saat melakukan salam di akhir salat, otot di sekitar leher dan kepala akan lebih rileks dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Bahkan gerakan salam tersebut bisa mencegah sakit kepala dan menjaga kulit tetap kencang,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Rektor, orang yang rajin beribadah akan mendapat kemudahan dalam menjalani kehidupan. Orang beriman diberi kemudahan dalam mewujudkan tujuan hidup, terutama bagi orang yang berpedoman kepada Al-Qur'an dan Hadist.

“Apa yang dilakukan semua karena Allah dan pasrah kepada Allah menjadikan hidup kita menjadi tenang dan penuh syukur,” jelasnya.

Menurut Rektor, orang yang rajin beribadah akan lebih disiplin. Obat mengurangi stres adalah beribadah dan berdoa. “Penentuan waktu shalat ini jelas menunjukkan ajaran kedisiplinan yang berperan penting dalam kesuksesan seseorang,” katanya.

Rektor juga mengajak untuk tetap menggembirakan kehidupan dengan beribadah kepada Allah SWT. “Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi,” pungkasnya. (tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image