Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhamad ahwas

Tips Keamanan Cyber Untuk Penggunaan Pribadi

Teknologi | Monday, 30 Jan 2023, 13:33 WIB
Source : pexels.com
Source : pexels.com

Dengan tips keamanan dunia maya yang bertujuan untuk membantu pembaca lebih keamanan data di dunia maya. Ini dia tipsnya!

Selalu Perbarui Perangkat Lunak Anda

Serangan ransomware adalah vektor serangan utama tahun 2017 untuk bisnis dan konsumen. Salah satu tips keamanan dunia maya yang paling penting untuk mengurangi ransomware adalah memperbarui perangkat lunak yang sudah usang, baik sistem operasi, maupun aplikasi. Ini membantu menghapus kerentanan kritis yang digunakan hacker untuk mengakses perangkat Anda.

Berikut adalah beberapa tips cepat untuk Anda mulai:

Gunakan Perlindungan Anti-Virus & Firewall

Perangkat lunak perlindungan anti-virus telah menjadi solusi paling umum untuk melawan serangan jahat. Perangkat lunak anti virus memblokir malware dan virus berbahaya lainnya agar tidak memasuki perangkat Anda dan membahayakan data Anda. Gunakan perangkat lunak anti-virus dari vendor tepercaya dan hanya jalankan satu alat antivirus di perangkat Anda.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kata sandi yang kuat sangat penting untuk keamanan online. Yang benar adalah kata sandi penting untuk menjauhkan peretas dari data Anda!

Tipsnya adalah menggunakan variasi huruf besar, simbol, dan angka rumit. Pilih sesuatu yang lebih ramah pengguna tetapi dengan setidaknya delapan karakter.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor adalah layanan yang menambahkan double lapisan keamanan tambahan ke metode kata sandi standar untuk identifikasi online. Tanpa otentikasi dua faktor, Anda biasanya memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Namun, dengan dua faktor, Anda akan diminta memasukkan satu metode autentikasi tambahan seperti Kode Identifikasi, kata sandi lain, atau bahkan sidik jari. Dengan autentikasi multi-faktor, Anda akan diminta memasukkan lebih dari dua metode autentikasi tambahan setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

Pelajari tentang Penipuan Phishing

Dalam upaya skema phishing, penyerang berpura-pura sebagai seseorang atau sesuatu yang bukan pengirim untuk mengelabui penerima agar membocorkan kredensial, mengeklik tautan jahat, atau membuka lampiran yang menginfeksi sistem pengguna dengan malware, trojan. Ini sering mengarah pada serangan ransomware. Faktanya, 90% serangan ransomware berasal dari upaya phishing.

Backup Data Anda Secara Teratur

Mencadangkan data Anda secara teratur merupakan langkah yang diabaikan dalam keamanan online pribadi. Manajer TI mengikuti aturan sederhana yang disebut aturan pencadangan 3-2-1. Pada dasarnya, Anda akan menyimpan tiga salinan data Anda di dua jenis media yang berbeda (hard drive lokal dan eksternal) dan satu salinan di lokasi di luar lokasi (penyimpanan cloud).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image