Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tim KKN-P 31 Kesiman

Kelompok 31 KKN-P Umsida Mengajarkan Berhitung dengan Bahasa Mandarin

Kabar | Sunday, 29 Jan 2023, 17:02 WIB
Dokumentasi Kegiatan Pendampingan Pengajaran Bahasa Mandarin Kepada Siswa TK , Jum’at ( 27/01/23)

Kesiman,Trawas - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus menunjukkan kiprahnya dalam pengabdian masyarakat. Tidak hanya mahasiswanya saja yang diturunkan dalam kegiatan ini, namun dosen – dosennya juga turut andil dalam kegiatan KKN – P ini sebagai pembimbing lapangan., Salah satunya yaitu kelompok 31 yang diturunkan di desa Kesiman, Trawas Mojokerto. Mahasiswi dari kelompok 31 melakukan pendampingan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Trawas pada Jum’at ( 27/01/2023).

Kerja nyata kelompok 31 KKN – P terlihat dari berbagai macam kegiatan yang dilakukannya dalam satu hari. Kegiatan proker dimulai pukul 06.30 WIB para mahasiswi sudah bersiap – siap menuju sekolahan untuk mengajar. Pendampingan pembelajaran dilakukan di 3 kelas, yaitu kelas A1, A2 dan B1. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB. Kemudian anak – anak melakukan senam pagi di halaman sekolah dengan kakak mahasiswi KKN. Kemudian masuk kelas dan siap melaksanakan pembelajaran.

Kelas A2 dengan 4 kakak pendamping, belajar menghitung angka 1 sampai 10 dengan Bahasa Mandarin. Pembelajaran tersebut merupakan salah satu Bahasa asing yang jarang dikenal oleh anak – anak terutama di TK. Maka dari itu kami mengenalkan sedikit kepada anak-anak bahasa mandarin. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memperingati hari raya imlek hari senin kemarin.

“Anak – anak ini ada kakak – kakak mahasiswa dari Umsida, kakak – kakak ini nanti yang akan mendampingi ibu dalam mengajar. Jadi dengarkan kakak – kakaknya yaa,” Ujar Bu Widhi wali kelas A2, Jum’at (27/01/2023).

Kegiatan pembelajaran hitung angka 1 sampai 10 dengan bahasa mandarin ini berjalan dengan lancar dan anak – anak mampu menerima materi ini. Selain itu, anak – anak juga kami ajak untuk mewarnai gambar lampion dan menghitung sebuah gambar kemudian mewarnai kolom lambang angka mandarin yang sesuai dengan jumlah gambarnya. Dalam kegiatan ini ada salah satu anak laki – laki bernama Milan yang sangat responsive dengan recalling materi dari kak Nicky setelah Bu Widhi menjelaskan materi di depan kemudian memberikan lembar tugas kepada semua anak.

Sebuah kesan juga disampaikan oleh salah satu mahasiswa yang juga ikut mendampingi proses pembelajaran “Anak – anak sangat antusias banget mengikuti pembelajaran mengitung angka 1 sampai 10 dengan bahasa Mandarin, sampai – sampai ada yang minta diulang lagi dan ada yang nggak mau pisah sama kita, gemes banget lihat mereka.” Ujar Nicky salah satu mahasiswa PG PAUD kelompok 31 KKN – P pada Jum’at (27/01/2023)

Tim Jurnalistik KKN-P 31

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image