Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKNP Wonosari50

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Umsida Melakukan Revitalisasi Desa Wisata

Wisata | Friday, 27 Jan 2023, 18:47 WIB
foto pada saat kerja bakti di Sumber Dhuwur
foto pada saat kerja bakti di Sumber Dhuwur

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya, Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata KKN-P Umsida tahun 2023 oleh Kelompok 50 di Desa Wonosari dibuktikan dengan diadakannya kerja bakti guna revitalisasi Desa Wisata di Sumber Dhuwur Wonosari, Ngoro Mojokerto.

Pada acara tersebut, Kegiatan KKN-P yang diketuai oleh M. Aditya Fathurrahman Mahasiswa Program Studi Prodi Hukum Faktultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) yang beranggotakan 22 mahasiswa dari berbagai macam prodi di Umsida.

Revitalisasi Desa Wisata Sumber Dhuwur memiliki tujuan untuk mempercantik Kawasan wisata. Mempercantik dalam hal ini adalah melakukan pembersihan di beberapa titik yang membutuhkan perawatan. Salah satu kegiatan pembersihan yang dilakukan adalah membersihkan kolam yang berisi ikan di halaman depan tempat wisata.

Kerja bakti dilaksanakan di tempat wisata andalah desa Wonosari, Ngoro, Mojokerto yakni Sumber Dhuwur. Kerja bakti di Sumber Dhuwur biasanya dilakukan oleh petugas kebersihan setiap hari pada pukul 06.00 dan pada pukul 14.00. Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 22 mahasiswa KKN-P Umsida tahun 2023 dan beberapa petugas kebersihan di Sumber Dhuwur. Selain petugas kebersihan, pengurus inti tempat wisata Sumber Dhuwur juga ikut terjun dalam proses kerja bakti.

“Kegiatan ini dilakukan guna menambah rasa peduli lingkungan bagi mahasiswa terutama pada lingkungan wisata Sumber Dhuwur Wonosari, Ngoro Mojokerto” Ujar Haliza Divisi Sosial Budaya KKN-P (25/01/2023).

Dengan adanya, kolaborasi antara mahasiswa dengan masyarakat menumbuhkan rasa kebersamaan dan menambah keharmonisan hubungan sosial antara satu sama lain.

(Siti Nur Haliza, Devi Iffadah Rizky Ariza Putri, Suci Wahyuning Ayah)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image