Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Rekristalisasi Jadi Kunci Garam Wonoroto Lebih Berkualitas

Teknologi | Friday, 27 Jan 2023, 09:39 WIB
Tim PPKO Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HMTP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan survei pengelolaan garam di Wonoroto, Bantul, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HMTP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam tim Program Peningkatan Kapasitas Ormawa (PPKO) berhasil membantu peningkatan kualitas produksi garam di Padukuhan Wonoroto, Bantul. Ir. Muhammad Mar’ie Sirajuddin, S.Pt., M.Sc., IPP. didapuk untuk menjadi pendamping tim PPKO HMTP selama kegiatan berlangsung.

Penerjunan dilakukan pada 18 Desember 2022. Beberapa program utama yang dirancang oleh tim antara lain adalah pelatihan pembuatan garam dan sosialisasi terkait kehalalan produk garam. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga nantinya dapat digunakan dalam bidang pangan.

Diketahui bahwa sebelum penerjunan, tim PPKO HMTP telah melaksanakan survei lokasi tambak garam yang menjadi tempat produksi garam lokal di Wonoroto. Tambak telah menggunakan sistem garam tunnel, yakni proses produksinya tidak terganggu oleh musim atau cuaca. Namun, lokasi tersebut sudah tidak beroperasi sejak tahun 2020 karena terjadi penumpukan hasil garam yang masih berpasir.

Salma Maulidya Prastiwi selaku Ketua Tim PPKO HMTP menjelaskan bahwa masalah tersebut terjadi karena adanya kesalahan pemasangan sistem tunnel bersirip sehingga mengakibatkan kontaminasi pasir dan tanah pada garam. “Hal itu membuat garam yang dihasilkan jadi tidak layak konsumsi dan akhirnya hanya digunakan sebagai pakan ternak,” terang Salma.

Menjawab tantangan tersebut, tim PPKO HMTP kemudian berhasil melakukan pemurnian garam krosok menggunakan metode rekristalisasi. Metode tersebut membuat garam yang dihasilkan menjadi halus dan bersih. Garam juga diuji di Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Yogyakarta. Hasilnya menunjukkan bahwa kontaminasi logam dan bahan pelarut lainnya telah sesuai dengan kadar SNI garam konsumsi sehingga produk tersebut bisa dinyatakan layak untuk dikonsumsi.

Metode rekristalisasi dilakukan dengan melarutkan 250 gram garam krosok dengan 1 liter air, kemudian dilakukan filtrasi atau penyaringan menggunakan saringan tahu. Filtrat yang dihasilkan direbus menggunakan api kecil sambil dilakukan pengadukan sehingga dihasilkan garam bertekstur halus dan bersih dari pasir serta tanah. Salma menuturkan bahwa dalam proses ini dihasilkan 230 gram garam murni dari material awal yang digunakan.

Sementara untuk sosialisasi kehalalan produk, Muhammad Mar’ie Sirajuddin ditunjuk untuk menjadi pembicara dan menyampaikan tentang “Sertifikasi Halal dengan Metode Self Declare untuk UMKM”. Kegiatan dilaksanakan pada 31 Desember 2022 dengan berkolaborasi bersama mitra Kelompok Swadaya Desa yang terdiri atas karang taruna, PKK, dan ibu rumah tangga setempat. (tsa/ist)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image