Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruqyah Kuningan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi di HP Android

Teknologi | Thursday, 26 Jan 2023, 19:40 WIB

Rasanya tidak lengkap jika ponsel pintar Android tidak terpasang dengan kartu SIM dari operator seluler, meskipun memang ponsel dapat digunakan untuk beraktivitas seperti bermain game, menonton video, atau bahkan browsing, namun tanpa kartu SIM di dalamnya, ponsel tersebut tidak terasa seperti ponsel.

Pada dasarnya, kesalahan pembacaan kartu seluler ketika sudah dimasukkan ke dalam ponsel bukan hanya masalah sistem atau slot hardware SIM Card saja, namun banyak diantaranya disebabkan oleh kesalahan pengguna ponsel yang tidak cermat dalam merawat dan menjaga kartu selular agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

Ambil contoh sederhana yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel, yaitu seringnya mencopot dan memasang kartu dengan tergesa-gesa, bahkan yang lebih parah ada yang sampai menekuk kartu SIM agar masuk ke slot kartu. Merawat kartu SIM dengan ceroboh akan menyebabkan kartu SIM tidak berfungsi dan Anda tentu akan kehilangan akses kontak dan pesan yang ada di dalam kartu.

Beberapa Penyebab Kartu SIM Tidak Dapat Dibaca

Tidak Dipasang Dengan Posisi yang Benar

Jika hal ini terjadi, tentu saja kartu seluler tidak akan dapat dibaca. Namun, produsen smartphone sudah menambahkan tanda gambar kecil di dekat slot kartu agar pemilik ponsel tidak salah dalam memasukkan kartu SIM.

Sering Melakukan Pemasangan dan Pencopotan Kartu

Inilah yang sering dapat menyebabkan kerusakan pada kartu selular ponsel Anda. Perlu diketahui bahwa isi dalam kartu SIM adalah chip yang rentan terhadap kerusakan, yang disebabkan oleh listrik statis, tekanan, dan lengkungan.

Konektor Pada Kuningan Sim Card Terkelupas

Ini juga akibat dari seringnya melakukan bongkar-pasang kartu SIM. Saat Anda memasukkan dan mengeluarkan kartu SIM dari slot ponsel Anda, maka akan sering terjadi gesekan antara kaki-kaki dudukan kartu SIM dengan lempengan kuningan yang ada pada kartu. Semakin lama, tentu saja akan semakin membuat lempengan kuningan pada kartu Anda menjadi tipis.

Kartu Selular Terlalu Panas

Ketika Anda menggunakan ponsel secara berlebihan dalam aktivitasnya, dengan beban kinerja hardware yang berat seperti bermain game HD dengan durasi lama, menonton streaming film berjam-jam, telepon sampai kuping keriting, dan aktivitas multitasking lainnya akan membuat kinerja komponen ponsel seperti prosesor, RAM, GPU, baterai, dan lainnya meningkat suhunya. Imbasnya, tentu saja area ruangan dalam ponsel yang minim sirkulasi udara akan membuat kartu selular cepat panas dan menurunkan kinerjanya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika kartu SIM Anda tidak dapat terbaca, baik saat ponsel baru saja dinyalakan, atau sering tiba-tiba icon sinyal menghilang ditandai dengan tanda silang.

1. Periksa posisi SIM Card di slot kartu

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan tata letak kartu selular Anda. Matikan smartphone Anda dan lepaskan dan pasang kembali kartu SIM, setelah itu nyalakan kembali. Jika ponsel terlalu panas, tunggu sampai dingin agar semua perangkat keras berfungsi dengan maksimal.

2. Bersihkan Tempat Dudukan Sim Card

Jangan lupa membersihkan dan memeriksa apakah ada penghalang seperti debu yang terlalu pekat yang menempel pada konektor slot kartu SIM agar lempengan kuning pada kartu seluler dapat maksimal menempel dan terbaca oleh perangkat keras dan sistem.

3. Coba masukkan SIM Card lain

Cara yang sebenarnya mudah untuk mengetahui apakah kartu SIM anda rusak atau tidak adalah dengan membandingkan dengan kartu lain, seperti meminjam dari teman atau kerabat, sebagai alternatif daripada harus membeli yang baru.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kartu SIM anda rusak atau tidak adalah dengan mencoba menggunakannya dengan ponsel yang lain. Bila dengan kartu yang baru tersebut kartu anda masih tidak terdeteksi, maka cobalah untuk mencoba tips lain seperti yang tercantum pada nomor 4 di bawah ini.

4. Reset / Recovery / flashing

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kartu SIM yang tidak terdeteksi adalah dengan melakukan reset pabrik atau mengatur ulang sistem ke pengaturan awal. Bila hal tersebut tidak dapat mengatasi masalah, coba lakukan proses hard reset atau mode recovery.

Jika masalah tetap tidak dapat diatasi, lakukan proses flashing agar sistem kembali segar dengan firmware yang baru.

5. Bawa ke Service Center

Nah, ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan ketika semua opsi di atas untuk memperbaiki masalah tidak terbacanya kartu SIM di ponsel tidak juga bisa dilakukan, bawalah ke tukang service ponsel.

Saran dari kami, jika ponsel masih dalam masa garansi, jangan melakukan service di luar service center agar tidak menghapuskan klaim garansi yang masih berlaku.

Nah, ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan ketika semua opsi diatas untuk memperbaiki error tidak terbacanya Sim card di HP kesayangan tidak juga bisa dilakukan, Bawa ke tukang service HP. Saran admin, bila ponsel masih dalam masa Garansi jangan sekali-kali melakukan service di luar service center agar tidak menghanguskan klaim garansi yang masih berlaku.

Referensi : www.istanareload.net

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image