Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image fathia uswatun

Aksi Heroik Pandawara Group

Info Terkini | Wednesday, 25 Jan 2023, 10:12 WIB

Pandawara Group merupakan 5 orang pemuda asal Kota Bandung yaitu Gilang, Agung, Rifqi, Rafly dan Ikhsan yang melakukan aksi membersihkan sampah di sungai, dengan alat dan perlengkapan seadanya mereka mengambil sampah yang memenuhi sungai dengan turun langsung ke sungai tersebut.

Hal yang melatarbelakangi aksi memebersihkan sampah sungai ini karena mereka merupakan orang orang yang terdampak dari masalah sampah yaitu dalam bentuk banjir, karena jengkel terkena banjir yang terus menerus mereka memutuskan untuk membersihkan sampah di sekitaran lokasi rumah sampai akhirnya memutuskan memebersihkan sungai dan juga semakin banyak area yang mereka bersihkan.

Setelah aksi tersebut berlangsung beberapa lama mereka mulai mendokumentasikan kegiatan dan membagikan nya di sosial media dengan tujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan dari sampah, “sebenernya sebanyak apapun sampah yang kita bersihkan mungkin dalam waktu dekat ngga akan pernah beres kalo misalkan kesadaran dari masyarkat Indonesia tetep kurang” ucap Gilang (salah satu anggota Pandawara Group) saat di poscast Denny Sumargo. Respon masyarakat terhadap konten yang di bagikan pun sangat positif dan banyak yang memberi support sehingga akun sosial media Pandawara Group sudah memiliki banyak pengikut yaitu 330 ribu followers di Instagram dan 4,4M di TikTok.

Gambar 1. Potret Pandawara saat turun ke sungai untuk membersihkan sampah (sumber: Instagram.com/pandawaragroup)

Dari sungai ke sungai telah mereka bersihkan sehingga sepanjang tahun 2022 mereka telah membersihkan sampah sebanyak 27.000 kg yang terdiri dari 4.511 trash bag, dari 78 sungai temasuk sungai besar, sungai kecil dan septic tank. Walaupun dengan jumlah sampah yang tidak sedikit mereka tetap menekan kan bahwa yang mereka lakukan akan menjadi sia sia apabila tidak ada nya kesadaran dari masyarakat terhadap sampah, selain memebagikan dokumentasi saat beraksi mereka juga membagikan kata kata reminder yang dapat memebangun kesadaran masyarakat seperti “emangnya penanggung jawab bumi petugas kebersihan doang?!” tulisan yang terdapat pada postingan instagram @pandawaragroup pada 7 desember 2022

Aksi hebat 5 pemuda ini telah berhasil menginspirasi banyak orang sehingga banyak orang yang ingin ikut turun ke sungai untuk membersihkan sampah dan ada pula yang meniru aksi ini dengan membuat kelompok untuk bekerjasama membersihkan sampah di sungai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image