Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr.-Ing. Suhendra

Menuju Kecerdasan Mitigasi Bencana, Dosen UAD Mengajak Santri

Eduaksi | Tuesday, 24 Jan 2023, 21:26 WIB

Berdasarkan hal tersebut, beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran UAD beberapa waktu lalu melaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berjudul "Peningkatan Kesiapsiagaan Mitigasi Bencana“ di Pesantren Mahasiswa Aqwamu Qila, Banguntapan.

Ketua Tim PKM, dr Rachma Greta Perdana Putri memberikan penjelasan terkait bencana dan mitigasinya kepada para santri yang hadir pada hari itu. Sebelum dan sesudah penyuluhan, diberikan kesempatan para santri untuk mengisi form pertanyaan melalui Google Form yang dishare oleh salah satu anggota tim PKM. Pre -Test dan Post-Test yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta sebelum dan sesudah kegiatan/penyuluhan. Santri yang hadir pada waktu kegiatan sejumlah 15 santri. Pada awalnya diperkirakan hadir seluruh santri sekitar 50 orang. Akan tetapi, pada saat pelaksanaan kegiatan, banyak yang berhalangan hadir dengan berbagai penyebab diantaranya adalah kegiatan KKN santri, kuliah dan juga pulang kampung.

Ikut bersama dalam kegiatan ini juga dosen yang lain yakni dr Nuni Ihsana dan dr Dewi Yuniasih, serta 4 orang mahasiswa yang membantu dalam persiapan dan juga pengambilan dokumentasi pada saat kegiatan berlangsung.

Selain penjelasan terkait mitigasi bencana, dr.M.Junaedy Heriyanto, SpB dan juga dr M.Agita Hutomo, MMR juga melakukan pelatihan dan simulasi terkait pemberian bantuan hidup dasar (BHD). Pengetahuan BHD ini sangat penting diketahui dan dikuasai oleh santri, baik dalam suasana bencana maupun non bencana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image