Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puji Lestari

Lestarikan Warisan Budaya, MTsN 3 Bantul Bekali Skill Membatik pada Siswa

Eduaksi | Tuesday, 24 Jan 2023, 19:35 WIB

Bantul (MTsN 3 Bantul). Pelestarian Budaya Bangsa, supaya tidak pudar dan punah adalah tanggungjawab bersama. Salah satu hasil budaya luhur bangsa tersebut adalah Batik Tulis Giriloyo. Kampung Batik Giriloyo adalah tempat wisata untuk belajar dan belanja batik di Yogyakarta. Lokasinya bertempat di Gazebo Wisata Giriloyo, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul. Siswa-siswi MTsN 3 Bantul (dulu MTsN Giriloyo) kebanyakan juga berasal dari kampung batik tersebut.

Kegiatan ekstrakurikuler membatik bagi siswa-siswi MTsN 3 Bantul dilatarbelakangi oleh arus globalisasi budaya yang berkembang pesat. Sehingga dapat memunculkan isue lunturnya budaya lokal, termasuk didalamnya budaya membatik.

siswa-siswi sedang mengikuti ekstrakurikuler membatik, motif batik tulis giriloyo

Dwi Arif Setyapronomo, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan, menjelaskan pentingnya kegiatan pengembangan ketrampilan melului ekstrakurikuler membatik. “Anak muda harus menjadi solusi dari suatu masalah, karenanya ide ini ditanamkan pada siswa-siswi MTsN 3 Bantul, yang peduli akan perubahan dan nantinya akan memberikan dampak positif dalam pelestarian budaya bangsa”. Salah satu budaya yang mencerminkan Indonesia adalah Batik tulis. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya ekstrakurikuler membatik ini.

Kegiatan ekstrakurikuler membatik dibimbing langsung oleh Ibu Istijanah, yang merupakan Pembatik Profesional dari Kampung Batik Giriloyo. Dengan jumlah siswa yang mengikuti ekstra batik ada 40an peserta. Para siswa diberi pelatihan membatik secara intens setiap hari Rabu siang, dan semester 2 ini dimulai Rabu, 18 Januari 2023. Hingga saat ini peserta sudah mampu mengikuti motif yang diajarkan dengan rapi.

Proses membatik dengan menggunakan canthing

Kedepannya di akhir semester genap, para siswa dapat mengikuti pameran karya nyata mereka kepada warga madrasah. Keluaran yang diharapkan dari mengikuti ekstrakurikuler membatik ini adalah terbentuknya komunitas siswa yang peduli dengan warisan budaya leluhur bangsa, syukur-syukur dapat ikut masuk dalam bidang bisnis industri (Pjl).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image