Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tingkatkan Kapasitas Siswa SMK, Farmasi UAD Beri Edukasi Pengelolaan Obat

Edukasi | Tuesday, 24 Jan 2023, 09:53 WIB
Pengabdian masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di SMK Muhammadiyah Minggir, Sleman (Foto: Istimewa)


Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus berkomitmen dalam pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya melalui program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Minggir, Sleman. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada bulan Juli 2022 hingga November 2022.

Agenda utama dalam program pengabdian ini adalah edukasi penggunaan obat dan pembuatan sediaan farmasi bagi para siswa. Hal itu dilakukan dalam rangka menguatkan kapasitas mereka, terutama sebagai siswa SMK, sebagai salah satu agen perubahan.

Seluruh siswa jurusan Farmasi di sekolah tersebut mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias. Mereka aktif mengikuti jalannya acara dan tidak segan untuk bertanya kepada narasumber. Beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi UAD berperan menjadi tim pelaksana kegiatan.

“Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik, terlihat dari peningkatan pengetahuan hasil belajar mereka,” terang apt. Ana Hidayati, S.Far., M.Sc. dan Dr. Iis Wahyuningsih, M.Si., Apt. selaku tim pelaksana kegiatan.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Minggir Edy Purwanto, S.Pd.T. juga menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Ia berharap siswa memiliki tambahan keterampilan dalam pembuatan sediaan farmasi dan pengetahuan tentang penggunaan obat.

“Kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap ini, selain sebagai penguatan dan kerja sama, juga sebagai bentuk Amal Usaha Muhammadiyah. Kami harap dapat berkembang dan melebar pada aktivitas yang lain,” jelas Edy.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat baik untuk dilaksanakan secara berkesinambungan, tidak sekadar pada pengabdian masyarakat saja, tetapi juga praktik mengajar bagi para siswa. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image