Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yogi Satria

Pemilu 2024 : Harus Melahirkan Kepemimpinan yang Ideal

Politik | Saturday, 21 Jan 2023, 16:30 WIB

Tahun-tahun politik sudah datang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Rabu, 14 Februari 2024, sebagai hari pemungutan suara pemilu serentak mendatang. Pemilu 2024 akan kembali menjadi pemilu serentak satu hari terbesar di dunia, dengan sistem pemilu yang juga paling rumit. Keputusan pemerintah dan DPR tak mengubah UU Pemilu menjadi tantangan tersendiri, sehubungan beban kerja dan kompleksitas teknis pemilu yang akan di hadapi.

Dinamika politik nasional menuju Pemilu 2024 semakin ramai. Membaca situasi terkini, ragam kekuatan sudah mulai terkonsolidasi. Pengujung tahun ini dan awal tahun depan akan menjadi salah satu fase tersibuk partai politik. Beberapa parpol sudah menyongong jagoan elit mereka. Namun ada beberapa nama yang sudah keluar dan sudah ramai di bicarakan tetapi belum terkonsolidasi dalam partai tersebut. beberapa nama sudah siap untuk pertarungan pemilu 2024 ada nama seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo. Adapun ketiga nama tersebut yang sering di gadang-gadangkan menjadi calon presiden republik Indonesia pada 2024. Partai partai yang terafiliasi di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Politisi PPP, PAN, dan Golkar dari samar menjadi lebih eksplisit menyebut sejumlah nama, antara lain Ganjar, Ridwan Kamil, hingga Airlangga Hartarto. Tak ketinggalan, Gerindra dan PKB pun kian intens mematangkan rencana koalisi. Melihat beberapa nama sudah ada yang berkampanye terlebih dahulu seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sementara Prabowo Subianto masih didalam pemerintahan.

Namun siapa yang paling gencar melakukan kampanye dan sering melakukan eksitensi? Pertarungan dengan begitu gencar membuat mereka tidak langsung turun kelapangan namun mereka juga aktif dalam bersosial media. Media sebagai insiator utama bagi modal politik yang percuma untuk mengkonfirmasi. Dapat dilihat dari berpengaruhnya media sosial menjadi panggung politik para calon-calon presiden yang akan mendatang. Para partai politik (parpol) saling berlomba tampil di depan kamera dan merekam kegiatan berpolitik mereka. Tidak jarang, banyak dari tokoh parpol menyisipkan gimmick atau trik demi atensi. Gimmick disampaikan dengan kreativitas para tokoh di baliknya, seperti dengan bergaya komedi, mengikuti tren masa kini, hingga saling berbalas komentar. Menurut Yogi Satria. Sosok Pemimpin yang akan mendatang adalah yang mempunyai nilai-nilai kepemimpinan yang ideal, untuk itu pemilihan presiden 2024 menjadi ajang kompetisi yang penuh bertarung dengan gagasan kebangsaan. dan juga mempunyai track record yang apik di dunia internasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image