22 Kantin dan Warung Sekitar UGM Bebas Cemaran Daging Babi, Ini Temuan Penelitian

News  
Bakso yang sering terkena cemaran daging babi. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 22 kantin dan warung yang ada di sekitar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bebas dari cemaran daging babi. Sampel makanan dari 22 kantin dan warung sekitar UGM telah diuji di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT-UGM).

Demikian diungkapkan Ketua Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi Institute for Halal Industry and System (PUI-PT IHIS) UGM, Prof Dr Abdul Rohman, MSi, Apt, Selasa (17/1/2023). Langkah ini merupakan tindak lanjut beredarnya informasi di masyarakat yang menyebutkan banyak warung di Yogyakarta menjual bakso yang tidak halal karena mengandung daging babi, belum lama ini.

BACA JUGA : D'Sava, Plastik Inovasi Mahasiswa UII dari Kulit Singkong Sabet Gold Award di INDES 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Dari hasil uji di LPPT UGM terhadap 22 sampel yang diambil dari kantin UGM dan warung sekitar UGM, diperoleh hasil pengujian bahwa sampel yang diuji semuanya negatif (tidak terdeteksi). Artinya tidak ada cemaran daging babi, ada jaminan aman/halal untuk makan bakso,” jelasnya.

Abdul Rohman mengatakan pihaknya akan secara rutin mengagendakan pengujian cemaran daging babi di kantin-kantin UGM sebagai bentuk pengawasan dan upaya menghindari adanya cemaran daging babi. Langkah tersebut juga dibarengi dengan edukasi dan sosisalisasi terakit sertifikasi halal kepada pengelola kantin di UGM dan warung-warung sekitar kampus UGM.

Sedang Kepala Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT-UGM), Prof Dr Yusril Yusuf, menjelaskan LPPT UGM telah melakukan pengujian terhadap 22 sampel bakso dari kantin-kantin UGM dan warung sekitar UGM, Senin-Jumat (9-13/1/2023). Pengujian cemaran daging babi dilakukan dengan metode Real Time PCR yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017. “Dari profil pengujian bakso saat disampling tidak ada temuan cemaran daging babi didalamnya,” kata Yusril Yusuf.

BACA JUGA : Fakultas Pertanian UGM Wujudkan Tirtomulyo sebagai Desa Wisata Kuliner Gurami, Ini Jenis Masakannya

Belum lama ini sempat viral kabar yang cukup meresahkan masyarakat, khususnya di Yogyakarta mengenai adanya cemaran daging babi di sebagian besar warung di Yogyakarta. Informasi ini berasal dari forum pengajian yang menyampaikan penelitian lama dari Prof Dr Ir Yuny Erwanto, SPt, MP, yang menyebutkan ada kandungan daging babi pada beberapa sampel bakso yang dijual di Yogyakarta.

Sementara Direktur Halal Research Center Fakultas Peternakan UGM, Nanung Danar Dono, PhD, menjelaskan hasil penelitian dari Prof Yuny Erwanto yang dilakukan pada tahun 2012 dan 2013 memang menunjukkan ada cemaran daging babi dalam sampel yang diambilnya. Hanya saja cemaran tersebut ditemukan pada 8 sampel dari 20 sampel yang diambil melalui uji PCR.

“Jadi sebenarnya ada mispersepsi dalam menerjemahkan informasi yang disampaikan. Diterjemahkannya itu 40% bakso di Yogyakarta pakai daging babi, padahal tidak seperti itu. Tujuan penyampaian info penelitian itu bukan dimaksudkan untuk menggeneralisir bakso di Yogyakarta banyak babinya, tetapi meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati karena cemaran daging babi masih ada,” katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk bisa lebih bijak dalam menerima informasi. Berbagai infromasi yang diterima hendaknya tidak ditelan secara mentah-mentah namun disertai dengan kroscek ke narasumber, ahli, atau pihak terkait untuk mengkonfirmasi kebeneran informasi yang disampaikan. (*)

BACA JUGA : UGM Dukung Kampanye Program Makan B2SA untuk Hadapi Krisis Pangan

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image