Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Apa itu laravel?

Eduaksi | Wednesday, 18 Jan 2023, 17:22 WIB

Apa Itu Laravel?

Laravel adalah framework berbasis bahasa pemrograman PHP yang bisa digunakan untuk membantu proses pengembangan sebuah website agar lebih maksimal. Dengan menggunakan Laravel, website yang dihasilkan akan lebih dinamis.

Kehadiran framework Laravel menjadikan bahasa pemrograman PHP menjadi lebih powerful. Perlu kita ketahui bahwa kehadiran framework Laravel selalu menghadirkan fitur-fitur terbaru dibandingkan framework lainnya.

Framework Laravel menggunakan struktur MVC (Model View Controller). MVC merupakan model aplikasi yang memisahkan antara data dan tampilan berdasarkan komponen aplikasi. Dengan adanya model MVC, pengguna Laravel menjadi lebih mudah dalam mempelajari Laravel. Serta menjadikan proses pembuatan aplikasi berbasis website menjadi lebih cepat.

Fungsi Laravel

Sebagai framework yang memiliki fitur yang lengkap, Laravel berfungsi untuk membantu proses pembuatan website menjadi lebih maksimal. Selain itu, dengan menggunakan Laravel, perusahaan juga akan menghemat waktu dan biaya.

Hal ini karena nantinya hanya fitur yang sedang dibutuhkanlah yang akan dibuat. Sedangkan fitur yang belum dibutuhkan akan dibuat pada saat masa pengembangan website tersebut.

Kelebihan Laravel

Bagi kamu yang belum pernah mencoba Laravel, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Laravel.

Fitur-fitur Laravel

Selain memiliki banyak kelebihan, Laravel juga memiliki beberapa fitur-fitur yang harus kamu ketahui. Berikut ini beberapa fitur Laravel:

Authentication : Fitur ini merupakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk membuat website dengan otentikasi. Kamu tidak perlu menulis kode dari awal untuk menambahkan fitur otentikasi di website kamu.

Testing and Debugging: Dalam Laravel sudah disediakan fitur untuk testing dan debugging sebuah website. Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan testing dan debugging.

Routing : Dengan fitur yang satu ini, kamu dapat membuat aplikasi yang dengan lebih mudah. Hal ini karena dalam framework ini, semua request akan dipetakan dengan menggunakan bantuan rute. Kamu bisa memberikan nama routing, mengelompokan, memfilter routing yang ada sesuai kebutuhan kamu.

Blade Template Engine. Framework ini dilengkapi dengan fitur blade yang bisa digunakan untuk mendesain layout yang konsisten.

Composer : Fitur ini akan membantu dalam menyempurnakan dan meningkatkan proses pengembangan website, serta mempermudah proses update-nya.

Sumber: google.com

Baca Juga: Ekspedisi Surabaya Makassar, Ekspedisi Jakarta Makassar Sulawesi Selatan, Ekspedisi Surabaya Balikpapan, Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image