Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zulaihah11

Mengapa Harus Belajar Khot?

Eduaksi | Tuesday, 17 Jan 2023, 21:38 WIB
Mengapa harus belajar khot?

Nah kali ini kita akan membahas mengapa kita harus belajar khot? Dengan belajar khot kita bisa disebut melestarikan peninggalan islam, karena khot sendiri merupakan warisan seni dalam islam. Dengan khot wajah islam yang lembut nan indah dapat tersampaikan. Bahkan belajar khot juga bernilai ibadah, karena dengannya kita belajar dan mengenal huruf-huruf Al-Qur'an. Peran Rasulullah dalam estetika khot sendiri dapat dilihat dari beberapa hadits, diantaranya hadits Muawiyyah yang tertulis dalam Musnad Firdaus nomor 8533. Diriwayatkan di dalamnya bahwa Rasulullah pernah mengajarkan sekretarisnya (kuttab), Muawwiyah bin Abi Sufyan tentang penulisan bentuk basmalah ( Al-Firdaus bilma'tsuril Khitob,1986: 394). Yaitu dengan meninggikan huru ba' agar tidak tercampur dengan nibroh sin hingga menimbulkan kesusahan dalam membaca, dalam hadits ini juga diajarkan untuk memisahkan nibroh sin, yang artinya dalam penulisan Al-Qur'an nibroh sin harus terlihat jelas, selain itu, Rasulullah juga mengajarkan cara menulis mim yang benar, yaitu agar lingkaran dalam kepala mim terlihat, tidak tertutup oleh tinta.

Banyak sekali manfaat belajar khot, manfaat ini bisa dilihat dari beberapa aspek, diantaranya sebagai berikut :

Pertama, aspek pendidikan. Proses pembiasaan menulis dengan baik dan benar pada pelajar akan mebuat pelajar menjadi terampil dalam menulis ataupun hal yang berkaitan dengannya. Nah, keterampilan ini dalam ilmu pendidikan merupakan bagian dari pendidikan motorik, yang mana pelajar akan dididik untuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa yang hidup dengan ketenangan, kesabaran, dan bisa mengendalikan emosi.

Kedua, aspek akademik. kegiatan menulis merupakan kegiatan yang sangat penting dalam hal akademik. Karena tulisan merupakan perantara sebuah proses transformasi keilmuan ataupun informasi. Dalam hal ini pelajar akan dididik untuk menulis dengan baik dan benar, agar pesan dan informasi yang ditulis dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Ketiga, aspek kesenian. Melalui seni yang mulia ini, sebagian pecinta khat bisa membuka salah satu ladang rizki. Maksudnya adalah dengan belajar dan berkarya dengan seni khot akan membukakan pintu rizki baik yang bersifat materi maupun non materi.

Sebagai penutup, penulis mengajak teman-teman agar tidak bosan dan terus semangat dalam belajar khot, karena sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk menjaga seni peninggalan islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image