Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Qomaruddin

Sejukkan Hati, Siswa Awali Hari dengan Membaca Al Quran

Eduaksi | Monday, 16 Jan 2023, 08:18 WIB
Para siswa sedang Tasmi' (memperdengarkan hafalannya) bersama-sama dipimpin seorang guru Al Quran di Masjid Thariq bin Ziyad, SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

Senin pagi (16/1) terasa syahdu di Masjid Thariq bin Ziyad, terdengar lantunan ayat-ayat Al Quran yang dibacakan bersama oleh ratusan siswa kelas 10 dan 11 SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Tampak seorang ustaz memimpin bacaan para siswa agar tetap ritmenya dan tartil bacaannya.

"Acara ini rutin digelar setiap senin pagi bergantian putra dan outri. Sengaja semua siswa dikumpulkan di aula untuk bersama-sama menghayati bacaan Al quran, tentunya untuk mengawali pekan dengan amalan membaca Alquran sehingga semoga seluruh pekan akan diliputi keberkahan," terang ustaz Muhammad Elan Habiby, guru Al Quran.

Rupanya tak sekadar membaca Al Quran, namun juga menghayati maknanya. Guru Al Quran yang memimpin acara ini tak lupa menyampaikan pokok-pokok nasihat yang terkandung dalam ayat Al Quran. "Mentadaburi petunjuk Allah agar dalam menjalani segala aktifitas memiliki arah yang jelas, tidak tersesat tujuannya," lanjut ustaz Muhammad Elan Habiby.

Program Al Quran di sekolah ini merupakan program unggulan, termasuk dalam program utama penanaman Akhlak Mulia, yaitu akhlak terhadap Al Quran. Di antara strateginya yaitu melatih anak membaca dengan tartil, menghafal, dan mentadaburinya. Termasuk, melatih anak untuk dapat mengajarkan Al Quran kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image