Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Hardianti

Konsisten Dalam Berbisnis

Bisnis | Sunday, 15 Jan 2023, 22:37 WIB
https://www.alona.co.id/wp-content/uploads/2019/03/konsisten-mengelola-blog-1068x641.jpg
https://www.alona.co.id/wp-content/uploads/2019/03/konsisten-mengelola-blog-1068x641.jpg

Seperti yang kita tahu bahwasanya banyak sekali masyarakat yang membuka usaha sendiri ,bahkan tidak sedikit juga yang memilih keluar dari pekerjaannya untuk membuka usaha sendiri , apalagi dengan kondisin zaman sekarang. Teknologi semakin janggih banyak masyarakat yang memulai bisnisnya online, karena saat itu terdapat wabah covid 19 yang dimana pemerintah melarang masyarakat untuk keluar rumah dan banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan oleh karena itu banyak masyarakat yang membuka usaha baru baik itu secara offline maupun online .

Tapi sangat di sayangkan banyak sekali masyarakat yang minin ilmu atau pengetahuan dalam berbisnis. Karena minimnya pengetahuan mereka kesusahan untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis ,banyak sekali usaha- usaha yang musiman, perdagang hanya bertahan beberapa bulan saja setelah itu tidak berjualan lagi. Ketika mereka ditanya kenapa tidak melanjutkan usahanya ,kebannyakan dari mereka menjawab “ sudah tidak laku lagi atau karna peminatnya kurang “, padahal tinggi rendahnya peminat itu tergantung inovasi kita terhadap yang kita jual .

Misalkan pedagang pisang goreng ketika pedagang ia minim pengetahuan bisnis maka sampai bertahun- tahun pun pedagang tersebut tetap menjual menu yang sama dengan bungkus seaadanya dan pelayanan yang kadang kurang enak atau kita sebagai custamor merasa kurang nyaman dengan pelayanannya di karenakan pedagang tersebut cara pelayanannya sesuai dengan mood , dan yang sering terjadi di sekitar kita banyak sekali pedagang yang kurang konsisten sering tutup tokonya sedikit-sedikit libur.

Nah dengan Taunya kita tentang ilmu bisnis akan merubah pemikiran dari yang menunggu pelanggan datang mengapa kita tidak memancing pelanggan untuk membeli produk yang kita jual . Bagaimana caranya agar kita dapat memancing pembeli? ,nah dengan belajar ilmu bisnis kita bisa memberikan banyak inovasi terhadap bisnis kita seperti contoh tadi pedagang pisang goreng ,Ketika pedagang tersebut mengeetahui ilmu bisnis maka kemungkinan besar pedagang tersebut akan menambahkan menu baru yang bahan dasarnya sama sama pisang , sepeti pisang coklat atau stik pisang.

Kembali lagi sesuai judul kita konsisten dalam bisnis ,nah konsisten dalam bisnin ini sangat berpengaruh terhadap berkembangannya bisnis itu sendiri ,karenakan semakin kurangnya konsistensi kita terhadap bisnis yang kita bangun secara otomatis bisnis yang kita bangun tidak akan bertahan lama .

Gimana sih caranya agar kita tahu konsisten atau tidak dalam berbisnis?

Cara agar kita tau kita ini termasuk pembisnis yang konsisten atau yang tidak konsisten kita bisa mengevaluasi ke bisnis kita misal kita lhiat apakah bisnis kita ini sering libur , atau malas promosi dan yang paling parah apakah kita ini kalo buka toko sesuai mood atau tidak ,nahh ini yang paling berbahaya karna ini sering terjadi apalagi di kalangan pembisnis muda yang masih kurang stabil atau mood swing ,jika kita termasuk pada ciri yang saya sebutkan tadi berarti kita masih belum konsisten dalam berbisnis .

Lalu ciri pembisnisn yang konsisten sendiri itu seperti apa ? kita harus memiliki sifat ke wirausahawan.

Ciri ciri sifat kewirausahawan itu sendiri

1. Percaya diri. Seorang wirauahawan harus mempunyai sifat percaya diri terhadap usahanya dan tidak boleh mempunyai rasa inscure terhadap usahanya tersebut dan selalu percaya diri bahwa usahanya akan suskes.

2. Kepemimpinan. Sangat penting wirausahawan memiliki jiwa kepemimpinan, karena jika usahanya sudah berkembang seorang wirausahawan harus memimpin dan mengatur karyawan agar usahanya berjalan sesuai rencananya.

3. Memiliki keberanian dalam menghadapi risiko. Yang berarti wirausahawan harus berani mengambil risiko dalam usahanya, walaupun usahanya dalam keadaan sulit atau hampir bangkrut

4. Selalu mencari peluang. Wirausahawan harus pintar – pintar mencari peluang bisnis yang banyak diminati costumer dan seorang wirausahawan harus bisa memanfaatkan peluang dengan baik, agar bisnisnya berkembang dan sukses.

Nah oleh sebab itu jika kita ingin bisnis tetap berkembang dan omset meningkat mulailah dulu dengan konsisten terhadap bisnis yang sedang di bangun , karena arti dari konsistensi itu sendiri adalah dimana sebuah individu yang fokus mengerjakan sesuatu dalam jangan waktu yang lama untuk mencapai tujuan yang diinginkan , maka dari itu berapa pun penghasilan kita di hari itu tetap di syukuri saja karena kita tidak bisa menebak berapa banyak penghasilan yang kita dapat di esok hari , maka dengan demikian sikap konsisten dalam berbisnis itu sangat perberpengaruh di kehidupan bisnis dan dapat mempercepat perkembangan bisnis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image