Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kevin Wahyu

Kenalan dengan Diet South Beach untuk Capai Berat Badan Ideal

Gaya Hidup | Wednesday, 15 Dec 2021, 10:32 WIB
Credit: I Yunmai via Unsplash

Berat badan ideal bukan cuma bikin penampilanmu semakin keren, tapi juga bikin tubuhmu semakin bugar dan menjaga kesehatanmu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal. Salah satunya adalah dengan atur pola makan atau menjalani diet.

Diet Mayo dan Keto mungkin kamu sudah pernah dengar, namun bagaimana dengan Diet South Beach?

Diet South Beach adalah program pengaturan pola makan yang diperkenalkan oleh Dr. Arthur Agatston yang tengah menangani pasien dengan gangguan jantung dan kardiovaskular. Pola makan yang kaya lemak baik dan rendah karbohidrat ini tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, namun juga mampu menurunkan berat badan.

Bagaimana Cara Diet South Beach Bekerja?

Mengutip MyMeal Catering, Diet South Beach bekerja melalui tiga fase pola makan yang bertujuan untuk "mereset" berat badan tubuh ke titik ideal dan menjaganya untuk jangka panjang.

Credit: Christine Siracusa via Unsplash

Fase 1: Pada fase yang berlangsung hingga 2 minggu ini, konsumsi karbohidratmu akan dibatasi hingga 40 - 50 gram perhari. Artinya konsumsi makanan seperti nasi, roti, mie, kentang hingga buah yang tinggi gula harus dikurangi secara signifikan. Pola makanmu akan berfokus pada konsumsi protein yang kaya lemak tak jenuh seperti ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan ikan salmon. Fase 1 dilakukan untuk mengontrol nafsu makanmu.

Fase 2: Fase kedua dilakukan sampai kamu mencapai berat badan idealmu. Pada fase ini, kamu boleh mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi yang tepat, namun dengan alternatif yang lebih baik seperti roti gandum dan beras merah.

Fase 3: Fase terakhir ini dapat kamu lakukan setelah mencapai berat badan ideal. Kamu tak memiliki pantangan makanan, namun pola makanmu dapat mengikuti fase 2 untuk menjaga berat badan ideal. Dr. Arhur Agatston menyarankan agar kamu kembali mengulang fase 1 selama satu hingga dua minggu bila pola makanmu sudah berlebihan di fase 3.

Kelebihan dan Kekurangan dari Diet South Beach

Diet South Beach tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung karena asupan lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu, diet ini pun dirancang untuk membiasakan pola makan sehat jangka panjang bagi orang yang menerapkannya.

Akan tetapi, diet ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti pola makan yang sangat ketat di fase pertama, kurangnya aturan/struktur diet yang jelas, hingga risiko eating disorder akibat pola pikir tentang “makanan yang baik dan buruk” saat menjalaninya. Oleh karena itu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menjalani Diet South Beach dengan tepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image