Mau ke Malaysia? Simak 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melancong ke Negeri Jiran

Gaya Hidup  
Foto: Shutterstock/ Alii Sher

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang masih termasuk rumpun melayu. Ada banyak cara untuk masuk ke negaranya Upin Ipin ini. Sobat bisa masuk lewat jalur udara, laut, bahkan darat loh. Tapi jalur darat ini khusus untuk negara Malaysia bagian timur ya, yang berada di atas pulau Kalimantan kita.

Nah sebelum melancong ke Malaysia, ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Tujuan Melancong

Hal pertama yang wajib ditanyakan oleh pihak imigrasi adalah tujuan masuk ke Malaysia. Apakah untuk liburan, belajar, atau bekerja. Jika sobat menjawab liburan, maka akan ditanya lagi oleh petugasnya seperti berapa lama, menginap di mana, dan apakah sudah punya tiket pulang atau belum. Katanya ini dilakukan supaya mencegah masuknya pekerja ilegal.


2. Siapkan uang Ringgit

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap negara punya mata uang sendiri dengan nilai tukar yang berbeda. Untuk negara Malaysia, mereka menggunakan uang Ringgit atau yang disingkat dengan RM. 1 RM nya ini berkisar antara 3600 an rupiah. Jika kamu tidak membawa banyak Ringgit, tenang.. kamu masih bisa tarik uang di ATM sana, atau tukar rupiah kamu ke tempat Money Changer atau penukaran uang.

3. Belajar bahasa Melayu

Tak ada salahnya menonton kartun Upin Ipin sebelum berangkat ke Malaysia, sebab banyak kosakata Melayu yang berbeda dengan Indonesia. Seperti sendok, mereka menyebutnya dengan sudu. Air dingin, mereka menyebutnya air sejuk. Berkeliling, mereka pun menyebutnya dengan kata pusing-pusing. Sangat berbeda bukan, jika di Indonesia pusing itu sakit kepala, di Malaysia pusing-pusing itu maknanya berjalan-jalan.

Jika kamu bercakap dengan orang sana dan tidak faham bahasa Melayu, silakan cakap bahasa Inggris. Karena mereka cukup faseh berbahasa Inggris, Melayu, dan juga Cina.

4. Bawa colokan kaki tiga

Umumnya di Indonesia, colokan listrik hanya 2 port. Penting untuk dibawa jika kamu bepergian ke luar negeri. Selain Jepang, Malaysia rupanya juga memiliki tiga lubang dicolokan listriknya. Jadi jangan lupa beli ya di store perabotan listrik.

5. Patuhi aturan negara Malaysia

Setiap negara memiliki peraturannya sendiri. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, membawa durian ke dalam bus, dan sebagainya. Sobat gak mau kan kena denda akibat melanggar aturan di Malaysia dan masuk black list.

Itulah tadi sedikit yang perlu diperhatikan sebelum melancong ke Malaysia. Siapkan juga paspor yang berlaku dan selamat berlibur 40 hari bebas visa!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

INFJ. Suka nulis random. Matcha addict

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image