Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Najwah Rouf Haq

Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Era Globalisasi

Gaya Hidup | Saturday, 14 Jan 2023, 06:06 WIB

Pendahuluan

Gaya hidup masyarakat berkembang dari hari ke hari dengan perubahan zaman yang menandakan dan bergerak menuju modernitas. Dapat dikatakan bahwa gaya hidup merupakan tren dan kebutuhan bagi setiap orang. Modernitas dapat mengacu pada perkembangan di segala bidang yang ada seperti teknologi, industri, infrastruktur, gaya hidup sehari-hari, cara berpikir dan perilaku masyarakat. Gaya hidup modern berusaha menghadirkan dan menawarkan hal-hal yang praktis, menyeluruh dan nyata. Namun, gaya hidup modern sering diidentikkan dengan masyarakat kelas atas atau elit. Gaya hidup seseorang selalu berubah.

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan semua jenis aspek yang dibutuhkan dalam kehidupan. Bukan hanya tentang makanannya, tapi juga tentang gaya hidup orang tersebut. Kesehatan adalah hal penting yang mendasari semua yang Anda lakukan dan lakukan. Mengadopsi gaya hidup sehat tentunya dapat melindungi seseorang dari berbagai masalah dan masalah kesehatan seperti infeksi bakteri dan virus. Menjaga gaya hidup sehat merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan tubuh dan pikiran yang sehat, kesejahteraan dan kualitas hidup tentunya juga bisa meningkat. Menjaga kesehatan sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, dan salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Mengubah kebiasaan lama yang kurang baik tidak hanya berfokus pada niat, tetapi juga keseriusan dalam menjalankan langkah perubahan. Mengubah dan menjalani pola hidup sehat itu tidak bisa dilakukan hanya dengan satu langkah saja. Cara untuk berhasil menerapkan pola hidup ini diperlukan konsistensi dalam proses perubahan pada diri sendiri.

Pembahasan

Pentingnya Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan berbagai hal yang dapat menunjang fungsi tubuh agar berdampak positif bagi kesehatan. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa upaya untuk menerapkan gaya hidup sehat. Hal-hal tertentu tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup dan berdampak positif bagi lingkungan. Menurut Makarim, Fadli Rizal (2022) Gaya hidup sehat dapat ditentukan dengan pola makan, minum, pola makan dan olahraga. Pada dasarnya menerapkan pola hidup sehat sama dengan faktor makanan yang sering dikonsumsi. Selain makan makanan yang sehat dan bergizi, penting juga untuk menjaga tubuh tetap bugar. Caranya tentu saja dengan rutin berolahraga. Menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gizi buruk dan kurangnya olahraga adalah faktor risiko kesehatan terbesar di dunia. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi pangan, produksi makanan olahan semakin meningkat. Gaya hidup yang tidak sehat membuat tubuh rentan terhadap segala macam masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker berkat kemudahan teknologi.

Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat

Cara untuk melakukan gaya hidup sehat memang tidaklah mudah. Perlu juga disesuaikan dengan umur, jenis kelamin, aktivitas dan rutinitas yang dijalani, kondisi kesehatan tubuh,dan pola makan. Hal ini perlu dirubah untuk hidup yang lebih baik. Mengutip dari World Health Organization (WHO), memang ada hubungan erat terkait kesehatan diri sendiri dengan gaya hidup Berbagai cara dapat dilakukan untuk merubah gaya hidup sehat yaitu dimulai dengan memakan makanan yang mengandung protein yang tinggi dan gizi yang baik . Cara ini adalah suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan kehidupan yang sehat, tetapi cara inilah juga yang sulit untuk diterapkan. Asupan gizi tergolong seperti karbohidrat, serat, protein, mineral, dan vitamin. Cara ini sangat penting agar fisik dapat mengalami pertumbuhannya dengan normal, serta dapat melakukan kinerjanya secara optimal. Metode lain yang tidak kalah penting adalah berolahraga. Berolahraga secara rutin merupakan cara yang sangat efektif, tetapi perlu juga diperhatikan durasi berolahraga harus sesuai dengan kebutuhan dan umur. Setidaknya brolahraga selama 30 menit setiap hari agar mendapat tubuh yang sehat. Mendapatkan berat badan yang ideal juga merupakan salah satu manfaat dari berolahraga. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah mengatasi pikiran yang tidak baik seperti stress. Pikiran adalah suatu hal penting dalam menjalani hidup sehat. Kesehatan jiwa juga akan berpengaruh terhadap fisik secara menyeluruh, maka dari itu kedua hal ini merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Mengurangi stres dapat dilakukan dengan cara melakukan hal yang disenangi. Setelah semua hal sudah dilakukan, tidak lupa kita juga harus rutin memeriksa kesehatan. Memeriksa kesehatan sangat penting untuk mengetahui masalah medis yang sekarang dialami atau yang sudah muncul tetapi belum terdeteksi. Memeriksa kesehatan juga dapat melihat progress gaya hidup yang telah dilakukan. Melakukan hal-hal yang dapat mempertahankan imun tubuh memang suatu permasalahan penting. Akan tetapi, hal yang juga harus diperhatikan adalah beristirahat secara maksimal. Agar memiliki kondisi fisik dan mental yang baik, perlu dilakukan istirahat yang cukup agar tubuh tetap optimal. Dapat dilakukan dengan cara memastikan jam tidur terpenuhi dan merilekskan tubuh beberapa waktu.

Dampak Buruk Pola Hidup Tidak Sehat

Diketahui bahwa menjaga gaya hidup sehat merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Akan tetapi, apa yang terjadi jika kita mengabaikan pola hidup sehat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Gaya hidup berpengaruh besar sebanyak lebih dari 60 persen terhadap kehidupan seseorang. Jutaan orang di seluruh dunia yang mengadopsi gaya hidup tidak sehat mungkin berisiko atau mengalami efek kesehatan yang negatif. Gaya hidup yang tidak sehat meningkatkan risiko berkembangnya masalah kesehatan atau penyakit tertentu. Misalnya, penyakit metabolisme, penyakit yang menyerang jantung dan penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, obesitas, dll. Gaya hidup ini dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular kronis dan memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa. Maka dari itu, kita harus berfokus terhadap hubungan antara gaya hidup dan kesehatan.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Kebiasaan sehari-hari berpengaruh besar terhadap gaya hidup seseorang setiap harinya. Hal ini berdampak pada kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat yang memengaruhi kondisi fisik dan mental. Ketika Anda sehat jasmani dan rohani, maka segala aktivitas sehari-hari dapat berjalan lebih lancar dan produktivitas pun meningkat. Adapun manfaat jika menjalani gaya hidup sehat seperti badan menjadi lebih sehat dan bugar. Dikarenakan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh telah terpenuhi, sehingga mempercepat metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain hal tersebut gaya hidup sehat juga dapat mengontrol berat badan. Gaya hidup sehat akan membantu Anda mempertahankan berat badan tanpa diet. Dengan berat badan yang sama, tubuh terasa lebih ringan dan praktis tidak cepat lelah saat banyak beraktivitas. Mengurangi resiko penyakit. Faktanya, penyakit tidak hanya dialami oleh lansia. Siapapun bisa terkena penyakit jantung, tak terkecuali usia muda. Oleh karena itu, pentingnya manfaat hayati yang sederhana adalah menjaga keseimbangan tubuh dengan pola hidup yang benar. Manfaat lainnya adalah mempunyai perilaku dan cara berpikir yang positif. Selama berolahraga, tubuh melepaskan endorfin, yang dapat menimbulkan perasaan tenang dan senang. Memicu hormon ini secara otomatis membuat Anda merasa lebih positif dalam menjalani hidup dan melihat berbagai hal dari sisi yang lebih netral karena Anda membantu seseorang membuat keputusan yang tepat. Selain itu gaya hidup sehat dapat menjadikan seseorang menjadi lebih bahagia. Ketika kesehatan mental, maka timbul pula rasa tenang dan tenteram di dalam hati, membuat kondisi atau suasana hati seseorang menjadi lebih stabil. Oleh karena itu, hidup sehat meningkatkan rasa percaya diri dan dapat mengangkat semangat.

Penutup

Masyarakat jaman sekarang banyak yang tidak memperhatikan tentang pola hidupnya. Mereka lebih memperhatikan kesibukan mereka sendiri tanpa memikirkan apa yang akan terjadi terhadap tubuh mereka. Pada era sekarang segala sesuatu menjadi lebih mudah,lebih efisien, dan lebih efektif. Akan tetapi, hal tersebut menjadikan semua orang ingin melakukan segala sesuatu secara cepat atau instan. Gaya hidup sehat ini mulai dilupakan oleh orang-orang. Mereka sering memakan makanan siap saji, tidak pernah berolahraga, istirahat yang kurang cukup. Orang-orang lebih suka melakukan hal yang disukainya. Padahal gaya hidup sehat sangat penting bagi kelangsungan hidup. Gaya hidup sehat perlu diterapkan pada jaman sekarang ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image