Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

FEB UMP Jadi Percontohan Perguruan Tinggi Lain untuk Akreditasi Unggul LAMEMBA

Edukasi | Friday, 13 Jan 2023, 08:09 WIB
FEB UMP Jadi Percontohan Perguruan Tinggi Lain untuk Akreditasi Unggul LAMEMBA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat kunjungan Benchmarking terkait Akreditasi Unggul dalam Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dari beberapa perguruan tinggi, yang bertempat di UMP Tower AR Fachruddin, pada Rabu (11/1/2022) kemarin.

Perguruan tinggi yang terlibat antara lain Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Bandung, Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta, Seklolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sutaatmadja Subang, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBMP) Purbalingga.

Dekan FEB UMP Dr. Naelati Tubatuvi, S.E., M.Si, dalam pemaparannya menyampaikan untuk menjadi unggul harus sesuai standar internasional. Hal itu dapat tercerminkan melalui visi-misi, kompetensi mahasiswanya, output dan outcome-nya, serta telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

 

“Salah satunya mengenai visi dan misi. Dalam penyusunan visi-misi kami melibatkan stakeholder internasional. Selain itu kami melakukan kolaborasi riset dengan mitra Luar Negri yakni Universiti Teknologi Petronas Malaysia. Kami juga melakukan benchmarking untuk pengembangan kurikulum” jelasnya.

Dijelaskan kegiatan tersebut merupakan respons dari banyaknya perguruan tinggi yang ingin melakukan studi banding, khususnya di FEB UMP, lantaran prodi Akuntansi S1 UMP telah terakreditasi unggul dari LAMEMBA.

Kaprodi Akuntasi S1 UMP Iwan Fakhruddin, SE., M.Si., Ak., membenarkan kegiatan tersebut menjadi wadah diskusi dengan perguruan tinggi lain untuk belajar bersama.

“Melalui kegiatan ini dapat dijadikan ajang berbagi, khususnya untuk perguruan tinggi yang hadir mengenai cara bagaimana prodi Akuntansi S1 telah terakreditasi unggul. Ini termasuk yang perdana dari LAMEMBA, karena saya melihat di website LAMEMBA ada 190 prodi dari FEB yang telah terakreditasi namun hanya sekitar 28 persen yang memiliki akreditasi unggul,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan agar prodi Akuntasi S1 UMP dapat terus menjaga kualitas maupun kuantitas dari prodi menjadi lebih baik lagi ke depan. (zah/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image