Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutan Temanggung

Rutan Temanggung Menerima 6 Tahanan Baru, 5 diantaranya Komplotan Perampok

Edukasi | Tuesday, 10 Jan 2023, 14:10 WIB

Temanggung,INFO_Pas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Temanggung menerima kiriman 6 orang tahanan baru dari Polres Temanggung. Dari ke 6 orang tahanan baru, 5 diantaranya kasus perampokan dengan tindak kekerasan, sedangkan 1 sisanya melakukan tindak pidana pencurian, Senin (9/1).

Dalam hal penerimaan tahanan baru, prosedur yang dilaksanakan oleh petugas Rutan Temanggung adalah sama. Tidak pilih-pilih dan tidak membeda bedakan jenis kasus. Dan yang pasti tidak ada lagi tindak kekerasan yang dilakukan kepada para tahanan baru.

Dari ke 5 komplotan perampokan diketahui 4 orang pernah menjalani hukuman kurungan penjara, atau yang lebih dikenal dengan sebutan residivis. Saat masuk kedalam Rutan Temanggung, para tahanan baru akan di periksa kelengkapan administrasinya, barang bawaan, serta kesehatan masing masing tahanan.

Dengan begitu, akan diketahui seorang residivis atau bukan, serta kesehatan mereka, sehingga apabila terdapat penyakit bawaan yang diderita, petugas kesehatan bisa menindak lanjutinya.

Taat Eko Suratno selaku Kepala Sub Seksi Pelayanan tahanan mengatakan, pemeriksaan administrasi wajib dilakukan kepada setiap tahanan yang masuk ke Rutan temanggung, selanjutnya akan di input di System database Pemasyarakatan. Selanjutnya kesehatan dan barang bawaan juga harus diperiksa agar Rutan temanggung dapat menindak lanjuti apabila Tahanan harus menerima pengobatan.

“Setiap ada tahanan baru yang masuk Kesini (Rutan Temanggung) kami akan periksa secara administrasi untuk diinput ke SDP (System database Pemasyarakatan) selanjutnya akan diperiksa barang bawaan serta kesehatan mereka. Ini penting untuk menindak lanjuti apa bila mereka membutuhkan pengobatan” ujar Taat Eko. (Humas Rutan Temanggung)

#Ayuspahruddin

#Kemenkumham Jateng

#Rutan Temanggung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image