Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Febriyanto F Wijaya

Resolusi Paling Penting di Tahun Baru adalah Memanajemen Waktu dengan Baik

Gaya Hidup | Monday, 09 Jan 2023, 18:25 WIB

Tahun 2023 bisa jadi sebagai awal melanjutkan mimpi dan cita-cita kita yang belum tercapai di tahun lalu, bahkan bisa jadi tahun baru ini sebagai pelecut (cambuk) untuk diri kita agar semakin tekun dan giat untuk mencapai target yang di inginkan.

Sebagai proses untuk mencapai impian dan target di tahun ini, maka beberapa kebiasaan perlu untuk di koreksi dalam kehidupan bahkan di rubah, mulai dari cara mengatur keuangan, disiplin, dan terlebih lagi pada cara mengatur waktu sebagai peran yang sangat urgen.

Pada kebanyakan orang beranggapan dalam memanajemen waktu adalah hal yang mudah, Namun, faktanya berbanding terbalik dalam mengatur waktu bagi dirinya sendiri. Manajemen waktu bukan sekedar mengatur jam dan menit, tapi juga pengatur waktu jangka Panjang dan pendek.

Manajemen waktu di awal tahun ini sebagai langkah mengatur aktivitas yang produktif, karakteristik waktu yang dirasakan dalam kehidupan yang relative cepat maka perlu manajemen waktu yang tepat dalam memanfaatkan perihal aktivitas yang positif.

Oleh karena itu Penulis memberikan beberapa pesan bagaimana mengatur manajemen waktu yang tepat di awal tahun 2023, agar target dan impian kita semua tercapai;

Pertama, Manfaatkan waktu di pagi hari. Pagi hari merupakan salah satu waktu yang baik untuk bangun tidur, dapat menjaga kebiasaan-kebiasaan baik yang bermanfaat di pagi hari dan melakukan olahraga sebagai upaya menjaga Kesehatan.

Kedua, Menentukan skala prioritas. Dengan menentukan skala prioritas kita akan lebih ringan untuk melakukan berbagai tugas yang dimiliki, sehingga dapat lebih mengontrol hal-hal mana bermanfaat dan mana yang hanya membuang waktu.

Terutama saat ada ajakan dari teman, saudara atau siapapun untuk mengikuti acara atau hanya sekedar nongkrong, maka jangan sungkan untuk mengatakan ‘tidak’ karena jika itu bisa kita kontrol maka tidak akan terganggu kegiatan yang telah kita jadwalkan sebelumnya.

Ketiga, Jangan menunda-nunda. Menunda suatu perbuatan adalah sebuah perilaku yang buruk bahkan bisa jadi boomerang bagi kita sendiri, seperti saat mahasiswa semester akhir yang sudah saatnya mengerjakan skripsi. namun, masih sering menunda bahkan tidak menyentuh sedikitpun tugas akhirnya, sehingga bisa tinggal kelas atau telat lulus.

Keempat, Nikmati proses, sejatinya setiap kehidupan manusia telah ditentukan oleh takdir Tuhan, namun semua usaha yang dikerjakan manusia tidak bisa instan sehingga perlu waktu untuk berproses dengan baik dan melakukan persiapan yang baik sampai impian atau cita-cita terkabulkan.

Kelima, Perbanyak pengetahuan baru, mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah, membaca buku misalnya sebagai salah satu cara untuk menambah pengetahuan baru sehingga kita tidak tertinggal oleh zaman, dan terus update terkait perkembangan pengentahuan yang ada.

Keenam, Menjaga waktu Ibadah, Menjagaibadah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses mengatur waktu, karena selain usaha dan niat yang kuat maka Ibadah kepada Tuhan yang Maha Kuasa menjadi hal yang wajib. Menjalankan tuntunan ibadah, berdo’a dan selalu berbuat baik kepada setiap manusia menjadi penyeimbang utama dalam menjalani kehidupan.

Dari beberapa pesan yang telah kami jelaskan, maka sebagai manusia yang bermimpi dan memiliki resolusi di tahun baru ini, maka pesan diatas dapat menjadi sebuah inspirasi menata manajemen waktu yang baik untuk mewujudkan impian dan target yang telah dibuat di tahun ini.

Karena waktu juga tidak akan bisa kembali lagi, kita perlu mendorong niat kita untuk menggunakan waktu yang ada kepada hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, agar kelak tidak menyesal dikemudian hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image