Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alief Ghivani Ramadha Ilmu Komunikasi

Polarisasi Para Remaja Dalam Bermain Game Online Mobile Legend

Games | Sunday, 08 Jan 2023, 20:55 WIB

Di dalam dunia yang saat ini tengah berkembang pesat dan tengah bertransformasi menjadi sebuah era baru yang di namakan era digital, era yang dimana saat ini semua serba menggunakan alat alat komunikasi digital. Seperti hal nya saat dulu kita ingin bertransformasi ke suatu tempat dengan menggunakan moda transportasi konvensional yang penggunaanya serba manual, tapi di era saat ini kita hanya perlu membuka sebuah aplikasi ojek online dari handphone kita, kita dapat pergi kemana saja dengan bebas dan juga tentunya dengan tarif yang sangat terjangkau murah. Bukan hanya itu, ketika dulu kita ingin mengunjungi sanak dan saudara kita yang berada letaknya jauh dari tempat kita tinggal, kita harus menyiapkan persiapan yang lumayan rumit, tapi saat ini kita hanya perlu menggunakan aplikasi ‘video call’ untuk mengunjungi dan melihat sanak saudara kita yang letaknya jauh dari tempat tinggal kita, tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sulit menjadi serba mudah. Berbicara teknologi dan digital rasanya agak kurang jika kita tidak membahas dari aspek hiburan seperti halnya sebuah Game yang saat ini tengah di gandrungi oleh para anak anak remaja hingga dewasa.

Sebuah game mobile yang berasal dari sebuah perusahaan bernama Moonton ini dengan tema battle royal dengan menampilkan 5 Vs 5 di dalam sebuah arena pertandingan mobile, game tersebut bernama Mobile Legend Bang Bang. Sebuah aplikasi yang saat ini menjadi Trend di kalangan anak anak remaja, para remaja dapat menghabiskan 8 – 12 jam untuk bermain game ini. Bahkan game ini pun sudah menjadi cabang olahraga resmi bernama E-Sport. Tidak luput rasanya banyak anak anak remaja yang berlomba lomba dalam mengikuti kompetisi Mobile Legend. Tidak masalah sebenarnya akan tetapi hal ini juga tidak memungkiri membawa pengaruh negative daripada pertumbuhan anak itu sendiri dalam berperilaku maupun berpikir.

Polarisasi yang terjadi di dalam anak anak remaja dalam menggunakan aplikasi game Mobile Legend ini tentunya menjadi sebuah ancaman yang cukup serius jika tidak adanya regulasi regulasi demi upaya bentuk pengawasan terhadap para remaja ini. Hal ini dapat menimbulkan sebuah pemikiran yang terjadi kepada remaja remaja tersebut, menjadi seorang pribadi yang lebih apatis dalam berpikir maupun berperilaku. Mereka lebih cenderung tidak memikirkan hal hal yang saat ini tengah beredar di dalam kehidupan nyata, mereka hanya fokus mengejar ‘Tier’ yang ada di dalam akun Game mereka. Hal ini tentunya menjadi sangat berbahaya jika kita terus terusan membiarkan polarisasi ini terus terjadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image