Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zhilal Rahmansyah

Komunikasi Antar Budaya di dalam Kesebelasan Tim Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jakarta HWFC

Olahraga | Saturday, 07 Jan 2023, 23:20 WIB

Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang terjadi diantara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (bisa beda ras, etnik, atau sosial ekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini. kebudayaan adalah cara hidup yang berkembang dan dianut oleh masyarakat serta berlangsung dari generasi ke-generasi.

Di dalam dunia sepak bola pada umumnya berisikan 20 – 30 orang di dalamnya yang berasal termasuk para pemain, staff maupun pelatih. Dari 20 – 30 orang tersebut 11 orang akan menjadi pemain utama dalam suatu kesebelasan. Mereka berasal dari daerah yang berbeda beda beda. Para pemain juga di wajibkan bermain secara total atau all out di sebuah pertandinga, tidak jarang mereka tampil hebat di hadapan tim lawan dengan cara membobol gawang lawan sebanyak banyaknya. Permainan hebat tersebut tidak luput dari sebuah strategi yang di berikan oleh sang pelatih. Pelatih akan memberi sebuah ‘racikan khusus’ kepada para anak asuhnya. Lewat daripada itu pelatih juga selalu memberikan arahan kepada para pemain selama 2x45 menit, tidak lain dan tidak bukan tujuanya adalah agar strategi yang ia berikan dapat berjalan dan mengalir secara maksimal. Berbicara strategi rasa rasanya tidak luput dan tidak lepas dari adanya peran komunikasi antar pemain dengan pelatih, lantas bagaimana cara pemain berkomunikasi dengan rekan dan pelatih dengan suatu perbedaan bahasa?

Di dalam HWFC sendiri banyak para pemain yang berasal dari luar daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan berbagai macam daerah lainya yang berada jauh letaknya dari ibu kota Jakarta. Seorang pemain bernama Rifcky Boler berasal dari Jakarta, ia menjadi pemain andalan HWFC tercatat namanya sudah pernah merasakan berbagai macam gelar Tournament antar kampus dengan HWFC itu sendiri. Lalu bagaimana cara Rifky mengoptimalkan permainanya dengan rekan rekan satu tim nya yang berasal dari macam macam daerah tersebut? Karna sejatinya Sepak Bola adalah olahraga yang mengutamakan kekuatan Tim bukan kekuatan Individu.

Ketika saya menanyakan kepada Rifky mengenai soal kerja sama tim dengan rekan yang berbeda tata bahasa dan komunikasi Rifky menjawab

“ya, kalau itu si bagaimana kita aja ya pandai pandai berkomunikasi dan memahami karakter teman kita aja, ya walaupun awalnya kaget ketika ada teman saya yang berasal dari daerah Sumatra Utara, ketika ia main, ko malah marah marah terus, pas saya pahami oh ternyata memang seperti itu cara bahasanya, jadi jika sudah lumayan lama, ya kita lumayan paham dan lumayan mengerti dengan teman teman kita tersebut, ya intinya jangan terlalu di bawa perasaan lah” ujar Rifky kepada saya ketika di tanyai soal rekan satu tim nya

Perbedaan komunikasi sangatlah wajar di dalam suatu komunitas atau suatu kelompok, karna bawasanya Indonesia merupakan Negara dengan budaya adat terbanyak di Dunia, jadi wajar saja jika ada perbedaan di antara kita, pada point penting dan garis besarnya adalah bagaimana cara kita mengoptimalkan perbedaan tersebut menjadi nilai nilai persatuan yang utuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image