Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

Inovatif, Dosen UNISA Yogyakarta Berhasil Menemukan Kursi Oksitosin

Edukasi | Saturday, 07 Jan 2023, 12:35 WIB

Perkembangan teknologi semakin pesat, maka tak heran jika banyak muncul teknologi modern untuk membantu di bidang Kesehatan. Seperti halnya yang dilakukan oleh dosen Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Dr. Mufdlilah, S.Pd., S.Si.T., M.Sc, Dian Retnaningdiah, S,E., M.Si., Veni Fatmawati, S.S.T.Ft., M.Fis. membuat salah satu inovasi baru yakni dengan nama Kursi Oksitosin ibu menyusui (KORSIMU).

Ketua tim Dr. Mufdlilah pada saat ditemui Sabtu (07/01) mengatakan kursi yang ada selama ini untuk ibu menyusui tidak ergonomis dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan, keadaaan ini dapat mengganggu proses produksi ASI, dikarenakan ibu mudah lelah, nyeri pada bagian leher, punggung, dan pinggang. Oleh karena itu, perlu memperhatikan ergonomis dalam merancang kursi untuk ibu menyusui.

“Rancangan dasar kursi yang ergonomis harus memperhatikan sudut pandang anatomi, fisiologi, dan biologis yang didasarkan pada antropometri,” tutur Mufdlilah.

Mufdlilah menambahkan, bahwa negara Indonesia memiliki beberapa kursi yang serupa seperti KORSIMU, yaitu kursi pijat dan kursi menyusui biasa. Manfaat dari kursi pijat hanya sebagai kursi relaksasi sedangkan kursi menyusui biasa hanya sebagai kursi untuk ibu menyusui, sehingga inovasi ini, dapat membantu ibu dalam menyusui bayinya bukan hanya sekadar duduk untuk menyusui melainkan mendapatkan fasilitas pijatan oksitosin.

Manfaat pijatan Oksitosin

1. Memberikan kenyamanan pada ibu

2. Mengurangi bengkak pada payudara (engorgement)

3. Mengurangi sumbatan Air Susu Ibu (ASI)

4. Merangsang pelepasan hormon oksitosin

5. Mempertahankan produksi ASI ketika ibu dan bayi sakit

Keunggulan KORSIMU

1. Terdapat efek pijatan elektro yang berada di daerah sandaran kursi

2. Di lengkapi mp3 untuk membantu rileksasi

3. Desain kursi yang efesien

4. Ergonomis

KORSIMU sudah diuji coba pada enam ibu menyusui, hasil penelitian didapatkan bahwa empat dari enam ibu menyusui menyatakan ASI keluar lancar setelah menggunakan KORSIMU.

Pada 23 November 2022 KORSIMU telah mendapatkan hak paten sederhana dengan nomor paten IDS000005262 dari Direktorat jendral kekayaan intelektual kementrian hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image