Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Mahesa Rizieq Akbar

Komunikasi Lintas Budaya Antar Kepala Pemimpin Negara di Event Internasional G20

Politik | Friday, 06 Jan 2023, 01:48 WIB

Komunikasi antar budaya merupakan suatu komunikasi yang di lakukan seseorang dalam menyampaikan pesan kepada lawan bicara yang berbeda tutur bahasa

Definisi komunikasi antarbudaya merupakan jenis komunikasi antarpribadi yang terjalin diantara kebudayaan dan latar belakang yang berbeda, yang berada dalam satu bangsa maupun tidak.

Secara umum sebenarnya tujuan komunikasi antarbudaya antara lain untuk menyatakan identitas sosial dan menjembatani perbedaan antarbudaya melalui perolehan informasi baru, mempelajari sesuatu yang baru yang tidak pernah ada dalam kebudayaan, serta sekedar mendapatkan hiburan atau melepaskan diri.

Seperti yang kita tahu Indonesia telah melaksanakan kegiatan G20 yang di selenggarakan Di Bali pada bulan November lalu, banyak pemimpin Negara Negara luar yang datang ke Indonesia kiat menghadiri Event Akbar tersebut. Mereka datang dengan segala misi dan kepentingan khusus demi upaya membahas tentang segala isu yang ada di dunia. Salah satunya tentang isu perdamaian Rusia – Ukraina.

Indonesia yang menjadi tuan rumah pada saat itu tentunya sangat berhak untuk mempersiapkan segalanya untuk para tamu VVIP yang berasal dari Negara Negara maju. Bukan hanya soal dari segi keamanan saja, melainkan dari segi prosedur penyambutan juga perlu di perhatikan. Seluruh steakholder yang bekerja pada saat itu wajib memperhatikan etika etika dalam penyambutan. Etika tersebut tidak lepas dari cara komunikasi dan juga bahasa.

Presiden Joko Widodo, terlihat menyambut para tamu tamu istimewa tersebut, dengan bahasa gestur khas orang Indonesia yang santun, Presiden Jokowi juga terlihat berdiskusi akrab dengan para tamu istimewa nya, tidak jarang pak Jokowi melempar tawa dan senyum kepada lawan bicara nya yang secara tidak langsung banyak perbedaan dengan beliau, baik dari nada bicara dan juga tata bahasa tentunya.

Banyak tertangkap kamera Presiden Jokowi terlihat ngobrol dan berkomunikasi dengan para pemimpin pemimpin Negara maju, banyak yang menggambarkan soal keakraban mereka dan banyak juga yang mempertanyakan bahasa dan komunikasi apa yang mereka pergunakan?

Tentunya hal ini menjadi fenomena kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan perhelatan akbar tersebut, bagaimana cara seorang kepala Negara yang biasa tampil menggunakan bahasa asal mereka berkomunikasi dengan lawan bicara yang sangat jelas perbedaan bahasanya.

Nampaknya hal tersebut menjadi suatu hal yang lumrah ketika kita menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin harus bisa menguasai setidaknya 3 Bahasa International dan yang terpenting adalah seorang pemimpin dunia harus bisa menggunakan bahasa persatuan international yaitu dengan menguasai dan menggunakan Bahasa Inggris.

hal tersebut juga yang membuat presiden Joko Widodo dapat menyapa akrab bahkan diskusi serius sekaligus dalam menggunakan bahasa persatuan International. komunikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar makna penyampaian seseorang dapat tersampaikan langsung dan di terima dengan mudah oleh audince atau lawan bicara nya.

momen para kepala negara atau kepala pemerintahan Anggota G20 sebelum berfoto bersama di bali pada 2022 (Foto: Laily Rachev/Setpres)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image