Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nazwa Nurfauziah

Stress Dalam Organisasi

Eduaksi | Tuesday, 03 Jan 2023, 19:37 WIB

Apa itu stress?

Stress merupakan perilaku individu yang dapat menimpa siapapun dalam organisasi. Stres yang berkepanjangan dan tidak ditangani segera, akan memunculkan konflik antar individu atau kelompok dalam organisasi yang akan menurunkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Stres dalam organisasi tidak selamanya membahayakan kehidupan organisasi, sepanjang stres yang muncul hanya akan berada pada tingkat yang rendah atau moderat. Alasannya adalah karena stres pada tingkat tertentu memang diperlukan karena dapat bersifat fungsional yang berperan sebagai pendorong peningkatan kinerja anggota organisasi.

Manajemen Stress Dalam Organisasi

Manajemen stres adalah kemampuan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan. Tujuan dari manajemen stres itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik. Tujuan manajemen stress dalam organisasi yaitu, untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya penyebab stress, mencegah terjadinya stress pada individu dan organisasi secara keseluruhan, mengelola stress agar tidak menimbulkan akibat yang lebih buruk serta memulihkan individu dan organisasi dari stress.

Jenis-Jenis Stress

1. Distress

Stress yang disebabkan sesuatu yang buruk, seperti sanksi, orang yang dikasihi menderita sakit parah, karir yang terhambat. Pemicu: Lingkungan, Organisasi, Kelompok dan Individu

2. Eustress

Stress yang disebabkan oleh sesuatu yang baik, seperti promosi jabatan, tanggung jawab yang meningkat, tekanan waktu, tugas yang berkualitas. Respon: Frustrasi, Kegelisahan dan Ketertekan.

Penyebab Stress

Terdapat beberapa penyebab dari stress itu sendiri, yaitu sebagai berikut.

1.Dalam Ekstraorganisasi

Stress di luar organisasi berhubungan dengan efek dan perasaan negatif pada organisasi yang mencakup: Perubahan sosial /teknologi, keluarga, pindah tempat (relokasi), perubahan hidup seperti menua atau kehilangan pasangan, serta perbedaan kelas sosial atau ras.

2. Dalam Organisasi

Yang mencakup ke dalam stress organisasi misalnya: Kebijakan atau strategi organisasi yang mana seperti penyusutan karyawan atau aturan birokrasi, ketika dalam struktur organisasi misalnya konflik antar staf ataupun tidak ada kesempatan untuk maju, kurangnya partisipasi, serta komunikasi satu arah.

3. Stress dalam Kelompok

Dalam setres kelompok misalnya: kurangnya kebersamaan kelompok, kurangnya dukungan sosial, serta kurangnya kerjasama dalam tim.

4. Stress dalam Individu

Dalam stress individu terdapat beberapa penyebab, misalnya: kepribadian, persepsi kontrol personal seperti mengontrol perasaan dalam situasi, ke tidak berdayaan dalam menghadapi sesuatu, serta daya tahan psikologis terhadap provokasi ataupun tekanan.

Cara Mengatasi Stress

Terdapat dua pendekatan dalam mengatasi stress, yaitu yang pertama pendekatan individual dan yang kedua pendekatan organisasi.

1. Pendekatan Individual

Dalam pendekatan individual terdapat beberapa hal yaitu:

- Penerapan manajemen waktu

- Penambahan waktu olah raga

- Pelatihan relaksasi

- Perluasan jaringan dukungan social

2. Pendekatan Organisasional

- Menciptakan iklim organisasi yang mendukung

- Adanya penyeleksian personal dan penempatan kerja yang lebih baik

- Mengurangi konflik dalam organisasi

- Menetapkan tujuan yang realistis

- Memperbaiki komunikasi dalam organisasi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image