Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rachellaurell

Peran Motif dan Motivasi Era Gen-Z

Edukasi | Tuesday, 03 Jan 2023, 09:18 WIB

PERAN MOTIF DAN MOTIVASI BAGI GEN Z

Rachell Aurell Azzaria Illiyin

20210110400159

Ilmu Komunikasi, FISIP UMJ

Di dalam kehidupan seseorang pasti punya motif dan motivasi. Motif dan motivasi adalah sesuatu yang memiliki hubungan sangat erat. Motif adalah suatu dorongan, hasrat, dan keinginan yang berasal dari seseorang. Motif juga bisa memberikan tujuan dana rah pada tingkah laku manusia. Sedangkan motivasi adalah suatu yang membangkitkan motif atau menggerakan seseorang untuk berbuat sesuatu dalam rangka mencapai suatu kepuasan atau tujuan. Jadi motivasi ini bisa disebut juga tindak lanjut dari sebuah motif.

Generasi Z adalah generasi dengan propporsi penduduk yang terbanyak berdasarkan sensus penduduk 2020, yaitu dengan mencapai angka 27,94% dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia ( BPS, 2021 ). Yang termasuk dalam generasi ini adalah yang lahir di rentang tahun 97-2012 atau sekitas usia 10 thn – 25 thn. Genarasi Z didunia kerja di dominasi oleh Generasi Milenial yang bisa disebut juga Generasi gadget atau hanphone. Di dalam survei yang dilakukan Harris Poll bahwa Generasi Z adalah generasi-generasi yang sangat kreatif.

Namun generasi ini juga disebut dengan generasi yang lemah, manja, dan tidak terima pressure di dunia kerja. karena apa mereka selalu mengandalkan teknologi digital dan selalu ingin yang instan. Dengan keadaan generasi yang seperti ini sangat berdampak pada kesehatan mental bagi mereka. Jika seseorang merasa tertekan maka mereka akan stress, frustasi, dan pikiran kacau, maka peran motivasi sangat berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas generasi Z.

Ketika generasi Z memiliki masalah dalam pencapaian targetnya maka ia akan merasa adanya tekanan yang sangat berlebih mengenai tuntutan yang ada pada pencapaian targetnya sehingga di dalam aspek ini peran motivasi wajib membantu membangun rasa semangat untuk mencapai target yang ingin mereka capai. Karena dalam pencapaian suatu target yang ia inginkan. Motivasi yang timbul dari dirinya sangat penting karena ini dapat mendorong dirinya untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan agar tercapai tujuannya, namun perlu motivasi juga dari pihak lain entah keluarga, teman, dan sahabatnya yang dapat membantu peran motivasi ini ada.

Banyak generasi Z yang sangat mudah untuk mengakhiri hidup yang dikarenakan memendam masalah sendiri dan tidak ada motivasi di dalam dirinya bahkan tidak ada dorongan motivasi orang sekelilingnya untuk melawan semua hal-hal yang membuatnya stress. Dengan memiliki tempat untuk bercerita dan menumpahkan isi hati serta fikiran kepada orang-orang terdekat mereka akan mendapatkan motivasi yang dapat membantu mendorong semangatnya.

Dengan adanya peran motivasi yang ada didalam kehidupan gen Z, hal itu bertujuan untuk adanya perubahan bagi dirinya agar lebih baik dan dapat mencapai semua keinginannya, ia juga mampu menghadapi segala masalah yang mereka alami.

Maka penulis menyimpulkan bahwa peran motivasi sangatlah berpengaruh di kehidupan pada era Gen Z. terutama pada keefektifan pencapaian target yang ingin dicapai di dunia kerja karena dengan adanya motivasi mereka akan mendapatkan dorongan berupa semangat yang akan menimbulkan target yang sesuai, serta motivasi juga sangat berpengaruh pada mental kesehatan generasi Z.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image