Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image San Morte

Teknik Cara Menanam Cabe Rawit

How To | Monday, 02 Jan 2023, 22:10 WIB

Pada biasanya cabe bisa ditanam pada dataran rendah hingga ketinggian 2000 m dpl. Cabe bisa menyesuaikan diri dengan baik pada temperatur 24– 27 derajat Celsius dengan kelembaban yang tidak sangat besar.

Tumbuhan cabe bisa ditanam pada tanah sawah ataupun tegalan yang gembur, produktif, tidak sangat liat serta lumayan air.

Permukaan tanah yang sangat sempurna merupakan datar dengan sudut kemiringan lahan 0 hingga 10 derajat dan memerlukan cahaya matahari penuh serta tidak ternaungi, pH tanah yang maksimal antara 5, 5 hingga 7.

Tumbuhan cabe pula sangat bagus bila keseriusan pengairannya lumayan, namun apabila jumlahnya kelewatan bisa menimbulkan kelembaban yang besar serta memicu tumbuhnya penyakit jamur serta kuman, tetapi kebalikannya pula Bila kekurangan air, tumbuhan cabe bisa kurus, kerdil, layu serta mati. jadi wajib benar2 dicermati tingkatan pengairannya supaya tidak sangat over.

Pengairan bisa memakai irigasi, air tanah serta air hujan, hendaknya menghadapai masa kemarau, kita membuat kolam penampung dari pelasti di kebun kita supaya pasokan air buat tumbuhan bisa terpelihara secara optimum.

BUDIDAYA

Cabe rawit bisa ditanam langsung ditanah bisa pula ditanam memakai polybag. Metode bercocok tanamnya kurang lebih sama, perbedaannya cuma pada pengolahan tanah.

PENGOLAHAN TANAH

Bisa dicoba membajak ataupun mencangkul sedalam 25– 30 centimeter sampai tanah jadi gembur. sehabis itu perkenankan 7– 14 hari buat memperoleh cahaya matahari

Pembuatan Bedengan: Lebar bedeng 100– 120 centimeter; Besar bedeng 20– 30 centimeter; jarak antara bedeng dengan bedeng yang lain 30– 45 centimeter; serta arah bedeng memanjang ke utara selatan. Jarak tanam yang digunakan merupakan 50 x 100 centimeter; 60 x 70 centimeter; 50 x 90 centimeter.

Ketentuan Pupuk Kandang yang baik merupakan:

tidak berbau

tidak panas

bercorak kehitam hitaman, dan

benar– benar telah matang

Metode pembuatan jarak tanaman

pasang tali kenca( pelurus) sejajar dengan panjang bedeng, kira– kira 10 centimeter dari tepi bedeng

ukur jarak tumbuhan yang di idamkan pada selama tali kencana tersebut

buat lubang tumbuhan cocok dengan jarak tumbuhan tersebut, setelah itu beri pupuk kandang,

= 1 kilogram/ lubang, urea, TSP, KCL yang disesuaikan dengan kebutuhan serta keadaan area usahatani

gabungkan ketiga pupuk buatan hinga rata serta masukan pada tiap lubang yang sudah dibuat

PESEMAIAN

Pesemaian ialah aktivitas buat menciptakan bibit tumbuhan ataupun calon tumbuhan yang baik. Ada pula tahapan pesemaian merupakan selaku berikut:

membuat bedeng ataupun tempat pesemaian, dimensi bedeng pesemaian selaku berikut:

lebar bedeng 1– 1, 2 m

panjang bedeng 3– 5 m

tingi bedeng 15– 20 cm

penyemaian benih. kebutuhan benih buat satu hektar berkisar antar 300– 500 benih. saat sebelum benih disemai ataupun ditabur, tempat pesemaian disiram menyeluruh. sebagian metode menyemai benih cabai rawit selaku berikut:

semai leluasa ataupun ditabur merata

semai dalam baris

semai berkelompok

PENANAMAN

Bibit tumbuhan cabai rawit yang sudah berusia 1 bulan lekas ditanam. penanaman hendaknya pada sore hari supaya tumbuhan tidak layu karakteristik– cirri bibit yang siap tanam merupakan selaku berikut:

sudah berusia satu bulan

tidak terkena hama serta penyakit

perkembangan tumbuhan seragam

metode penanaman

siram bibit yang hendak ditanam

seleksi bibit yangakan ditanam

lepaskan bumbung ataupun pelastik dari bibit

padatkan tanah disekeliling tumbuhan bibit yang sudah dimasukan kelubang supaya tidak rebah

PEMELIHARAAN TANAMAN

Penyiraman. Penyiraman dicoba 2 kali satu hari ataupun di sesuaikan dengan kondisi tanah.

Penyiangan. Rumput liar yang berkembang disekita tumbuhan wajib dicabit ataupun di siang dengan kored ataupun sabit

Pemupukan. Jumlah pupuk yang diperlukan dalam satu hektar adalah

urea= 200 kg

TSP= 200 kg

KCI= 150 kg

Hama serta Penyakit. Hama yang kerap melanda tumbuhan cabai rwit merupakan selaku berikut:

Tungau merah

Kutu daun bercorak kuning

Kutu gurem ataupun thrips

Ada pula ciri– ciri tumbuhan terkena umumnya merupakan tumbuhan bercorak semacam perak, tumbuhan nampak pucat, serta daun jadi layu

Pengendalian. Aksi yang diambil umumnya merupakan cabut tumbuhan yang terkena berat serta kumpulkan bagian tumbuhan yang terkena, kemudian dibakar

PANEN

Panen ialah aktivitas yang kita nanti– nanti buat menikmati jerih payah sepanjang penanaman.

Penciptaan cabai rawit nyaris sama dengan cabai besar, cuma saja usia cabai rawit lebih lama ialah 2– 3 tahun, sehingga penciptaan cabai rawit lebih besar dari pada cabai besar. Cabai rawit bisa dipanen hijau( muda) serta dipanen merah ataupun telah masak.

apabila cabai rawit di panen hijau, cabai nampak bernas serta berisi. Pemanenan cabai rawit bisa dicoba 4– 7 hari sekali ataupun bergantung peda suasana harga pasaran

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image