Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kang Hadad

Membuat Resolusi, apakah penting ?

Lentera | Sunday, 01 Jan 2023, 13:35 WIB

Hampir kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya adalah membuat resolusi tahunan. Ya, setelah sekian banyak masalah yang menerpa dan catatan di sepanjang tahun sebelumnya, resolusi sepertinya adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Seperti menggambar sebuah harapan bahwa tahun yang akan datang akan lebih baik. Tapi apakah itu penting ?

Apakah Resolusi itu penting? (sumber : pixabay.com)

Pergantian Tahun sebagai pergantian waktu

Pergantian tahunan jika di amati secara fisika dan astronomi, ia hanya sebuah pergerakan planet bumi atas matahari sebagai pusat tata surya (Revolusi planet bumi). Pergerakan ini menandakan pergantian waktu yang kita sebut tahun, yang dimana 1 tahun ini terdiri dari 12 bulan, 96 minggu dan 365 hari.

Bagi manusia pergantian waktu adalah sebuah kondisi perubahan biologis, dimana setiap sel demi sel dari tubuh kita kemudian berubah, apakah berkembang, mati atau bahkan mungkin ada yang hidup dan lahir. Maka bagi manusia waktu itu penting.

Waktu itu seperti ibarat jam pasir, uniknya setiap manusia memiliki jam pasir dengan ukuran dan kapasitasnya masing-masing. Kita bergerak menuju kosongnya jam pasir yang menunjukan waktu itu berakhir. Dan, sekali lagi, itu menunjukan bahwa waktu adalah penting.

Allah SWT berfirman,

وَالْعَصْرِ ﴿ ١إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿ ٢إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿ ٣

"Demi waktu, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." (Q.S Al'Asr : 1-3)

Pergantian tahun adalah salah satu dari pergantian waktu yang bagi manusia adalah hal yang penting. Dan menjalani hal yang penting ini, kita harus memiliki perencanaan, strategi dan taktik yang baik.

Resolusi : Momentum Tahunan

Kita telah memahami bahwa waktu adalah sesuatu yang penting bagi manusia. Waktu adalah sesuatu yang harus bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin agar kita bisa menjalani hidup yang lebih baik.

Maka untuk terus memperbaiki kualitas rencana dan manfaat di sepanjang waktu itu diperlukan sebuah evaluasi dan solusi, maka resolusi adalah jawabannya.

Resolusi harusnya menjadi pengingat bahwa sudah sejauh mana kualitas waktu dalam hidup kita. Apakah bisa ditingkatkan kembali kualitas kebaikannya? atau apakah ada sisi-sisi yang mesti di perbaiki?

Kita pun sadar bahwa waktu tidak bisa berjalan mundur. Kita tidak bisa mengulang dan memperbaiki kesalahan yang sudah lewat. Maka pilihannya adalah kita hanya bisa bergerak maju dan memastikan kesalahan-kesalahan yang lalu tidak terulang kembali, sembari kita juga melakukan aktifitas-aktifitas baru yang lebih baik.

Resolusi adalah komitmen untuk itu.

Bukan hanya sekedar resolusi

Tentu yang seringkali menjadi cibiran adalah, tatkala kita mencanangkan resolusi akan tetapi tidak berkomitmen untuk melakukannya, maka resolusi adalah pekerjaan yang sia-sia. Kunci penting dari sebuah resolusi adalah komitmen untuk dilaksanakan.

Sebuah resolusi hanyalah sebuah kalimat, tidak bermakna apa-apa dan hanya membuang-buang energi jika pembuatnya tidak berkomitmen untuk melaksanakannya. Maka ketika membuat sebuah resolusi dibutuhkan sebuah pendekatan yang realistis agar kita tidak merencanakan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Hendaknya resolusi dibuat dalam sebuah target-target yang terjangkau, realistis dan terukur. Resolusi bukan sesuatu yang sakral memang, jika di tengah perjalanan lantas resolusi ini tidak realistis, tidak mengapa untuk segera di perbaiki, dirubah atau bahkan di hapus.

Karena resolusi bukan pekerjaan tahunan.

Momentum itu ada disetiap pergantian waktu

Resolusi bukan hanya dicanangkan pada awal tahun saja, sebaiknya tidak. Sebagaimana waktu yang berganti pun tidak hanya tahun saja, ada bulan, hari, jam, menit hingga detik. Maka kenapa tidak jika resolusi kita adalah setiap waktu bergerak.

Sejatinya setiap waktu yang berlalu senantiasa meninggalkan catatan (history) yang selalu akan bernilai baik atau buruk. Resolusi bisa kita artikan sebagai komitmen untuk memperbaiki catatan-catatan yang tadinya buruk menjadi baik, atau yang tadinya baik menjadi lebih baik lagi. Tidak perlu menunggu satu tahun lamanya untuk melakukan perbaikan itu.

Maka kita bisa membuat resolusi tahunan, bulanan, harian, jam dan detik sekalipun. Resolusi setiap tarikan dan hembusan nafas, apakah ada kebaikan di dalamnya atau tidak ?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image