Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image indo Xe

Bandingkan Calya Vs Avanza: Mobil Mana yang Layak Dibeli?

Teknologi | Thursday, 29 Dec 2022, 14:56 WIB

Toyota Avanza lahir dari tahun 2003 hingga sekarang. Model MPV 7 tempat duduk ini sangat familiar bagi konsumen yang lebih menyukai mobil keluarga. Hingga akhirnya Toyota melakukan ubahan besar pada Avanza hingga tutup tahun 2021.

Pada tahun 2016, Toyota Calya diluncurkan sebagai pilihan penumpang MPV-7 dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak orang yang tidak pernah terpikir untuk membeli mobil baru sebelumnya menganggap model ini sebagai kendaraan untuk keluarganya.

Lantas, di antara kedua MPV 7 kursi Toyota tersebut, manakah yang lebih baik?

Dimensi Dan Mesin Toyota Avanza & Toyota Calya

Avanza terbaru memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.665 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Sedangkan mobil Calya memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, dan wheelbase 2.525 mm. Baik Toyota Avanza maupun Toyota Calya memiliki kapasitas menampung 7 penumpang dengan cukup nyaman.

Meski ukuran Calya lebih kecil, namun ruang kaki dan ruang kepala mobil ini masih tergolong baik. Selain itu, Calya dengan ukuran lebih kecil dan jarak sumbu roda terasa lebih lincah dibandingkan Avanza. Selain itu, mobil Avanza memiliki ukuran tangki bahan bakar 43 liter, lebih besar dari Calya yang memiliki tangki bahan bakar 36 liter.

Pada model baru Toyota Avanza menggunakan mesin 1.329 cc dengan kode 1NR-VE dengan Dual VVT-i, sedangkan Toyota Calya menggunakan mesin 1.197 cc dengan kode 3NR-VE juga dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Dari segi tenaga, Avanza memiliki kapasitas 98 tenaga kuda dan torsi 12,4 kgm, lebih unggul dari Calya. Pasalnya, mesin Calya hanya menghasilkan 87 tenaga kuda dengan torsi 108 Nm.

Namun, konsumsi bahan bakar Avanza bermesin 1.3 terbilang lebih boros. Secara spesifik, Toyota Avanza 1.3 memiliki keiritan bahan bakar sekitar 10 km/liter, sedangkan Calya 1.2 13,5 km/liter. Padahal, Toyota Avanza bermesin 1,5 masih lebih irit dengan 12,5 km/liter.

Kelebihan Toyota Avanza & Toyota Calya

Kelebihan Toyota Avanza bekas

Eksterior dan interior lebih mewah

Banyak tambahan fitur, termasuk sistem keselamatan canggih Toyota Safety Sense

Penggunaan Penggerak Roda Depan meningkatkan efisiensi bahan bakar

Kehadiran transmisi CVT untuk pengendaraan yang lebih mulus

Kelebihan Toyota Calya

Eksterior Toyota Calya lebih menarik dan elegan. Misalnya lampu depan menggunakan lampu LED.

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Calya tetap memiliki fitur garang seperti tombol pengaturan audio di setir hingga keamanan yang cukup memadai.

Konsumsi bahan bakar yang irit dan tentunya ramah lingkungan.

Kekurangan Toyota Avanza & Toyota Calya

Kekurangan Toyota Avanza

Harganya lebih tinggi dari model sebelumnya.

Hanya ada dua pilihan gaya, karena Toyota Veloz dipasarkan sebagai model terpisah.

Mesinnya tidak banyak berubah.

Kekurangan Toyota Calya

Ukuran ban tidak sesuai dengan bagasi yang cukup besar. Meski demikian, ukuran ban yang "kecil" tetap bisa memberikan stabilitas yang baik saat menyetir.

Air Circulator membuat kebisingan.

Ground clearance sangat rendah jika kendaraan penuh dengan 8 penumpang atau bahkan barang dengan bobot berlebih.

Harga Toyota Avanza & Toyota Calya

Harga Toyota Avanza 2022

Toyota Avanza tersedia 6 varian untuk pelanggan dapat memilih. Berikut datar harga Toyota Avanza baru berdasarkan varian.

Harga Toyota Avanza 1.3 E STD M/T: mulai dari Rp 197,5 juta

Harga Toyota Avanza 1.3 E STD A/T: mulai dari Rp 208,5 juta

Harga Toyota Avanza 1.3 E M/T: mulai dari Rp 199,9 juta

Harga Toyota Avanza 1.3 E A/T: mulai dari Rp 210,9 juta

Harga Toyota Avanza 1.3 G M/T: mulai dari Rp 217,5 juta

Harga Toyota Avanza 1.3 G A/T: mulai dari Rp 228 juta

Harga Toyota Calya 2022

Varian Toyota Calya terbagi menjadi dua trim utama, yaitu tipe E dan G. Berikut ini adalah daftar harga Toyota Calya 2022 berdasarkan varian yang Anda bisa cek sebelum membelinya:

Harga Toyota Calya 1.2 E M/T STD: mulai dari Rp 146,19 juta

Harga Toyota Calya 1.2 E M/T: mulai dari Rp 148,99 juta

Harga Toyota Calya 1.2 G M/T: mulai dari Rp 155,29 juta

Harga Toyota Calya 1.2 G A/T: mulai dari Rp167,49 juta

Kesimpulan

Secara umum jika membandingkan mesin antara Toyota Calya dan Toyota Avanza, pemenangnya adalah Toyota Avanza. Namun dari segi konsumsi bahan bakar, mobil Calya dinilai lebih tinggi dari mobil Avanza. Dari segi harga, Toyota Avanza lebih mahal dari Toyota Calya.

Jadi sebaiknya pilih beli Calya atau Avanza? Kedua mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun tentunya keduanya memiliki kualitas terbaik. Kedua MPV tersebut memiliki kapasitas yang baik sehingga Anda dapat merasa nyaman untuk seluruh keluarga Anda selama perjalanan jauh. Jadi, tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih salah satu dari keduanya untuk mempersiapkan perjalanan keluarga yang akan datang. Jika Anda ingin membeli mobil murah Anda bisa memilih Toyota Calya tetapi jika Anda menyukai mobil dengan mesin yang bagus maka Toyota Avanza adalah pilihan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Baca juga Daftar mobil MPV bekas murah yang layak dibeli awal 2022

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image