Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Rekomendasi Makanan Khas Semarang: Jajanan Ringan Hingga Makanan Berat

Kuliner | Thursday, 29 Dec 2022, 12:55 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang – Semarang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menawarkan banyak sekali makanan khas Semarang yang enak dan juga populer. Selain kuliner, Semarang juga memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dan menunjukkan sisa kemegahannya pada kala itu di kota bersejarah ini. Sementara itu, Kota Semarang juga kaya akan keragaman budaya, karena kota ini memang pernah menjadi kota pelabuhan penting untuk perdagangan internasional. Berbagai suku dan juga budaya hidup dengan rukun dalam satu lingkungan dan menciptakan keharmonisan budaya baru.

Hal tersebut dapat kita lihat dari kuliner atau makanan khas Semarang yang sebagian besar dipengaruhi oleh budaya-budaya tersebut. Mulai dari jajanan yang ringan seperti lumpia sampai hidangan berat seperti nasi ayam Semarang sedikit banyak sudah mendapatkan pengaruh dari budaya luar. Keunikan itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung dan menikmati liburan di Semarang. Nah, dari semua makanan khas Semarang yang populer, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ini.

1. Lumpia

Lumpia adalah salah satu kuliner yang paling populer dan menjadi ciri khas dari kota Semarang. Sampai-sampai ada yang memberi julukan Kota Semarang sebagai Kota Lumpia. Makanan khas Semarang lumpia ini memang sudah sangat terkenal menjadi makanan Semarang yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Semarang, sama halnya seperti bakpia Jogja ketika kamu berkunjung ke Jogja. Sejarah lumpia sendiri berawal dari kreasi seseorang yang berasal dari Tionghoa yakni Tjoa Thay Yoe yang menetap di Semarang dan membuat lumpia dengan cita rasa lokal.

Resep lumpia Semarang juga sedikit berbeda dengan makanan asli Tiongkok yaitu Lun Pia karena menggunakan rebung sebagai isian. Selain diisi dengan rebung, kadang juga diisi dengan daging ayam atau udang. Sehingga lumpia tersebut akan sangat nikmat jika disantap bersama kuah sambal. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati lumpia. Tapi yang paling terkenal adalah Lumpia Pandanaran dan juga Lumpia Gang Lombok. Untuk satu porsi lumpia dapat kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp7.000,00 hingga Rp17.000,00 per potongnya.

2. Lapis Legit

Semarang yang dulunya menjadi pusat pemerintahan Belanda sudah lumayan banyak meresap kebudayaan Eropa dan hal ini dapat kita lihat dari Kue Lapis Legitnya. Lapis Legit atau yang juga disebut Spekuk ini terinspirasi dari kue lapis Eropa dengan tambahan berbagai macam rempah dan juga aromatik sehingga terasa manis. Resep lapis legit tak jauh beda dengan kue lapis lain. Hanya saja, di dalam adonan akan diberi tambahan kapulaga dan rempah lainnya. Adonan yang sudah jadi, lalu akan dimasukkan ke dalam loyang secara bertahap. Sehingga nantinya lapis tersebut akan mempunyai minimal 18 lapisan dan bertumpuk dengan rapi.

Rasa manis dan juga romatik rempah lapis legit tersebut dapat kamu nikmati di toko kue Lapis Legit Anggrek Jl. Majapahit Semarang. Harga untuk satu kotak kue lapis legit tersebut cukup bervariasi. Mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung rasa dan ukuran kotak.

3. Wingko Babat

Selain jajanan seperti lumpia atau lapis legit, Semarang juga terkenal dengan salah satu jajanannya yang bernama Wingko Babat Semarang. Wingko Babat ini umumnya banyak dijual di area stasiun, terminal, dan toko kue serta toko oleh-oleh khas Semarang. Kue tradisional ini terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula yang berbentuk bulat. Rasa gurih yang berasal dari kelapa dan manis dari gula jawa yang terpanggang sangat cocok untuk dinikmati sembari minum kopi atau teh. Kamu bisa membeli Wingko Babat di pusat oleh-oleh di Jl. Pandanaran yang menjual merek Wingko Babat terkenal. Harga satuannya relatif murah, yaitu sekitar Rp2.000,00 per bungkusnya atau Rp26.000,00 isi 20.

Sumber: gramedia.com

Baca Juga: Ekspedisi Surabaya Makassar, Ekspedisi Jakarta Makassar Sulawesi Selatan, Ekspedisi Surabaya Balikpapan, Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image