Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nikma Azkiya

Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Pencegahan Stunting Sejak Masa Kehamilan

Info Terkini | Saturday, 24 Dec 2022, 08:26 WIB
Pelaksanaan Penyuluhan di Puskesmas Pudakpayung

Semarang- Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro melalui kegiatan Magang Merdeka - Kampus Merdeka (MBKM) melakukan pemberdayaan pada ibu hamil di Puskesmas Pudakpayung. Pemberdayaan ini dilakukan pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 bertempat di aula Puskesmas Pudakpayung. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil menganai pencegahan stunting sejak masa kehamilan.

Masa kehamilan adalah masa dimana janin berkembang dengan pesat. Organ tubuh mulai terbentuk sejak masa kehamilan. Stunting adalah kondisi kurang gizi kronik dimana z score tinggi badan kurang dari -2 Standar Deviasi dimana tinggi badan kurang dari umurnya. Stunting dapat terjadi sebelum kelahiran bayi disebabkan oleh kurangnya asupan gizi saat masa kehamilan, pola makan yang sangat kurang, kurangnya penerapan PHBS ibu, anemia pada ibu.

Stunting dapat berdampak pada perkembangan otak yang terganggu, kecerdasan, mudah sakit, menurunnya kekebalan tubuh, gangguan metabolisme dan pertumbuhan fisik, serta menurunnya kemampuan kognitif dan prestasi belajar anak. Hal tersebut dapat berdampak dalam jangka panjang pada rendahnya produktivitas seseorang.

Pemberdayaan pada ibu hamil mengenai pencegahan stunting merupakan upaya pencegahan dini untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah kebiasaan ibu dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu pencegahan stunting dan penurunan angka stunting. Pencegahan stunting harus dilaksanakan sedini mungkin bahkan sejak remaja Wanita. Media yang digunakan dalam pemberdayaan ini ada leaflet dengan isi berupa upaya pencegahan stunting selama masa kehamilan, seperti pemenuhan gizi ibu selama kehamilan, rutin pemeriksaan antenatal care, deteksi dini penyakit menular dan tidak menular, penerapa PHBS, istirahat yang cukup, melakukan inisiasi menyusu dini (IMD), pencegahan anemia dengan rutin meminun tablet tambah darah, dan melahirkan di fasilitas kesehatan yang memadai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image