Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Subhanf Jri

Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Era SOCIETY 5. 0

Pendidikan dan Literasi | Friday, 23 Dec 2022, 23:26 WIB

Nama : Subhan Fajrian

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Ilmu Komunikasi

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Seperti yang kita ketahui pancasila merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai sebagai landasan budaya. Nilai-nilai tersebut merupakan keinginan bangsa sendiri dan merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila juga bisa disebut sebagai suatu pandangan hidup, kesadaran dan cita cita moral bangsa.Kehidupan yang didasarkan pancasila yang berakar pada agama, budaya, dan nilai-nilai pancasila. Bangsa Indonesia telah menilai pancasila sebagai landasan kehidupan agar lebih berbangsa dan memiliki fungsi yang sangat amat penting di negara Indonesia dengan tujuan agar memiliki jati diri dan asa persatuan di negara Indonesia.

Pancasila adalah sesuatu yang sakral dan warga negaranya juga wajib mengetahui apa makna yang terkandung dalam nilai-nilai pancasila itu sendiri. Parahnya, sebagian masyarakat Indonesia hanya menganggap pancasila sebagai ideologi bangsa dan dianggap tidak memiliki makna. Beberapa masyarakat hanya sekedar mengahafalnya saja dan menurut mereka itu sudah lebih, namun sebenarnya banyak makna yang terkandung dengan apa yang telah mereka hafalkan. Tanpa mereka sadari makna pancasila sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama bagi warga negara bangsa Indonesia apabila mereka mengamalkannya dengan baik dan sempurna. Permasalahan itu terjadi karna sebagian masyarakat Indonesia tidak memahami makna pancasila dan tidak memahami bagaimana cara mengamalkannya, karna pancasila tidak hanya harus di pahami tetapi juga harus tahu bagaimana cara mengamalkannya.

Berkembangnya jaman juga beriringan dengan berkembangnya teknologi sehingga modernitas yang sangat sulit untuk di hindari terutama di era sekarang ini yang biasa disebut pada era society 5.0.

“Apa sih era society 5.0 itu??”, seperti yang kita ketahui “Era Society5.0” atau bisa disebut juga “Era Masyarakat 5.0“ ialah “Era dimana manusia dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 dan berpusat di teknologi”.

Bisa disimpulkan, era society sebagai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia yang berbasis teknologi atau internet. Konsep tersebut menginginkan masyarakat untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir pada era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia agar lebih maju.

Cover

socity 5. 0

“Dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia”

“Dunia pendidikan juga diharapkan mempunyai kecakapan pada abad 21 yaitu istilah 4C, creativity, critical thinking, communication dan collaboration.”

Pada era society 5.0 ini orang orang telah mengenal media sosial yang merupakan media atau tempat bagi para pengguna untuk bersosialisasi dan mendapatkan informasi atau berita terkini dan bisa digunakan juga untuk mengapresiasikan diri dengan jangkauan yang tidak terbatas.

Namun, mirisnya masyarakat pada jaman ini terdampak globalisasi yang cenderung negative. Mereka juga lebih dominan menerapkan budaya budaya luar, sehingga masyarakat pada jaman ini sangat bertentangan kepada nilai-nilai pancasila yang merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia. Hal tersebut membuat nilai-nilai pancasila Indonesia banyak dilupakan dan tidak diterapkan oleh masyarakat Indonesia pada jaman ini.

Masyarakat pada saat ini hanya sekedar menghafal pancasila saja namun tidak memahami makna dari pancasila yang terkandung di dalamnya. Pada jaman sekarang masyarakat Indonesia jarang sekali mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan lebih parahnya lagi tidak peduli dengan aturan yang tertera dalam pancasila. Pancasila dianggap tidak lagi menjadi landasan dalam bertindak diberbagai aspek kehidupan.

Era society 5. 0

Dalam era ini banyak juga masalah yang terjadi dalam kalangan masyarakat terutama dalam kalangan remaja bangsa di tanah air ini.

“Apa saja sih masalah masalah yang terjadi dalam era ini?” mari kita bahas bersama!!!

“Permasalahan yang dialami yaitu memudarnya semangat nasionalisme pada masyarakat bangsa terutama di kalangan remaja bangsa pada era society 5.0 ini “

Permasalahan tersebut sangat mengkhawatirkan untuk kedepannya terutama di kalangan remaja tanah air, hal ini akan mengakibatkan masyarakat tidak lagi menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila sebagai bentuk warga negara yang baik karena dapat kehilangan jari diri bangsanya sendiri terutama yang tercantum pada nilai nilai pancasila. Hal tersebut terjadi karna adanya pengaruh budaya luar yang masuk ke tanah air yang membuat para kalangan remaja lebih tertarik untuk mengikuti budaya asing dibanding budaya negaranya sendiri terutama budaya nilai-nilai pancasila. Hal ini dikarenakan para generasi muda lebih menganggap budaya luar lebih keren dibanding budaya bangsa sendiri, hal ini menyebabkan memudarnya atau tersingkirnya nilai-nilai budaya di bangsa Indonesia.

Hukum dan Politik hadapi era disrupsi teknologi | mahkamah konstitusi republik indonesia

Sesungguhnya, masyarakat di tanah air ini terutama di kalangan remaja bangsa ini kurang mampu dalam memilah dan memilih budaya asing yang masuk ke Indonesia. Sebenarnya, bangsa ini memiliki ideologi pancasila yang merupakan karakter bangsa yang kini untuk kalangan para remaja pemahamannya semakin memudar. Mulai dari sila pertama hingga ke lima sudah mencakup berbagai nilai kehidupan yang dijalani oleh manusia terutama warga negara Indonesia.

Maka dari itu untuk mengurangi hal-hal negative lainnya yang belum terjadi, kita sebagai masyarakat Indonesia yang sadar akan masalah ini harus mengingatkan dalam mendidik remaja yang belum terkena dalam dampak ini, dengan cara membentuk karakter anak sejak dini karena hal tersebut sangat penting untuk perkembangannya di masa depan nanti. Hal tersebut perlu dipelajari melalui pendidikan karakter yang diawali dari pendidikan dasar sampai ke pendidikan tinggi. Khususnya terhadap penerapan nilai pancasila pada remaja di kehidupan saat ini yang masih sedikit mengetahui pentingnya nilai-nilai budaya pancasila di negara mereka sediri.

kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan di atas, pada masa society 5.0 semacam di kala ini nilai-nilai pancasila masih tidak diterapkan oleh warga negara Indonesia terutama di kalangan remaja bangsa. Untuk menghadapi masa society 5. 0, para remaja perlu menanam nilai-nilai pancasila dalam dirinya sejak dini. Dapat disimpulkan, bahwa pancasila bisa sangat menjadi pengaruh dalam membenarkan masa depan di masa society ini. Perlu diketahui juga apabila penanaman nilai pancasila itu sangat penting ditanamkan sejak dini, karna masih banyak anak muda maupun masyarakat Indonesia yang hanya menghafalnya saja tanpa mengenal makna yang ada di dalam nilai-nilai pancasila dan tatacara dalam penerapannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image