Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salman Faris

Isra Festival 2022, Semarak Promo Akhir Tahun Haji Dan Umrah

Wisata Halal | Friday, 23 Dec 2022, 21:59 WIB
Pembukaan Isra Festival 23-25 Desember 2022 di Jakarta Convention Center

Beberapa waktu lalu, jamaah Umrah di seluruh Indonesia mendapatkan kemudahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang tidak mewajibkan vaksin meningitis. Vaksin meningitis hanya diwajibkan atas jemaah Haji. Ketetapan ini berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C.I/9325/2022 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jemaah Haji dan Umrah, yang diterbitkan pada 11 November 2022.

Namun, meski tidak diwajibkan, namun vaksin meningistis dan vaksin lainnya direkomendasikan kepada jamaah yang memiliki riwayat penyakit komorbid, apalagi pada saat pelaksanaan umrah ini merupakan tempat berkumpulkan orang dari seluruh dunia sehingga sangat riskan tertular virus atau penyakit yang dibawa dari negara asal.

Tak hanya keringanan vaksin saja, seiring dengan implementasi kebijakan pemerintah Arab Saudi menuju Visi Saudi 2030, industri travel halal dan religi Indonesia harus siap beradaptasi untuk menjawab kebutuhan pasar yang mulai mengarah pada skema business to customer.

Pelaksanaan Haji dan Umrah

Industri Travel Umrah dan Wisata halal pun mendapatkan angin segar dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah membuka seluas-luasnya jumlah kuota jamaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia. Dengan bertambahnya kuota umrah, Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) kini bisa langsung bekerja sama dengan provider visa di Arab Saudi yang sudah diakui Kementerian Haji dan Umrah.

Dengan peluang dan tuntutan menyelenggarakan travel wisata halal, diperlukan sebuah wadah dan acara yang mempermudah akses informasi dan pilihan travel yang terpercaya. Isra Festival hadir menjawab semua kebutuhan dari berbagai pihak.

Isra Festival 2022, Semarak Travel Wisata Halal Kini Hadir Di Jakarta Convention Center

Budi Darmawan sebagai ketua HIMPUH, saat membuka Isra Festival di JCC

Melalui ajang Indonesia Destinasi & Travel Halal “Isra Festival” yang berlangsung pada 23 -25 Desember 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Traya Eksbisi Internasional bersama dengan Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji (Himpuh) berikhtiar menggairahkan kembali bisnis travel halal dan wisata religi pasca pandemi serta memperkuat ekosistem pada industri terkait.

Dengan banyaknya kemudahan pada tahun mendatang seperti dibebaskannya vaksin meningistis dan penambahan kuota untuk jemaah umrah, serta melandainya pandemi tentu saja memberi harapan, baik untuk penyelenggara umrah dan masyarakat yang ingin segera menjelajah secara rohani di tanah suci. Menurut catatan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), jumlah jamaah umrah tahun 1440 H atau 2018-2019 mencapai 946.962 per tahun, berada di peringkat nomor dua tertinggi di dunia, dibawah Pakistan yang mencapai 1,5 juta.

“Besarnya pasar umroh Indonesia harus mendapatkan perhatian serius, tidak saja memikirkan bagaimana menangkap peluang pasarnya, tetapi juga sekaligus bagaimana industri terkait mengelolanya secara profesional. Konsumen yang notabene tamu Allah, harus dilayani dengan terpuji. Isra Festival hadir untuk menjadi bagian dari solusi konsumen dalam memilih travel yang amanah dan profesional,” ungkap Ketua Umum Himpuh, Budi Darmawan saat membuka Isra Festival hari ini (23/12) di Jakarta Convention Center.

Belajar dari masa lalu mengenai penyelenggara Haji dan Umrah, Isra Festival adalah salah satu wadah untuk menemukan beragam pilihan travel wisata halal khususnya haji dan umrah. Disamping mewadahi, Isra Festival menjadi bursa travel yang kredibel dan memberikan pelayanan yang maksimal, bukan hanya melalui konvensional, namun melalui jaringan baik di offline maupun online. Tak hanya melalui online, namun juga melalui forum seperti di Hall A Jakarta Convention Center.

Dalam kesempatan Isra Festival, Himpuh juga akan memperkenalkan platform digital yang berisi berbagai paket penawaran dari travel haji dan umroh seluruh anggota Himpuh. Selain itu, Isra Festival memberikan ruang lebih bagi jamaah yang ingin mengali informasi lebih tentang berbagai hal khususnya haji dan umrah yang tidak bisa dilakukan melalui online. Forum ini juga bisa dijadikan ajang silaturahmi baik sesama penyelenggara dan pengunjung. Selain itu, terdapat banyak stand mulai dari travel, akomodasi, hingga kuliner halal dan khas seperti kebab.

Beragam Stand Meriahkan Pameran Wisata Halal dan Religi Terbesar, Isra Festival 2022

Beragam Stand mulai dari Travel atau Wisata Halal, Akomodasi Halal, Produk Keuangan syariah dan lainnya meriahkan Isra Festival 2022.

Menempati area seluas 3000 m2 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Isra Festival menghadirkan sebanyak 109 stand yang diikuti perusahaan travel haji dan umrah, hotel atau akomodasi halal, wisata muslim, transportasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, industri pendukung (FMCG, Kuliner, Herbal/obat-obatan, kosmetik, fashion dan sebagainya), komunitas, pemerintah daerah/kota, kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim.

Gelaran ini sangat semarak dan merupakan salah satu pameran wisata halal dan religi terbesar di akhir tahun 2022 karena menghadirkan pelayanan terkait layanan umrah dan haji serta wisata halal lain seperti Turki dan negara timur tengah lainnya. Semarak gelaran ini membuat Direktur Traya Eksbisi Internasional, Bambang Setiawan optimis selama tiga hari ajang Isra Festival bisa menarik perhatian sebanyak 30 ribu pengunjung.

Banyak Promo Dan Crazy Sales Haji dan Umrah

Promo dan Crazy Sales Di Isra Festival

Salah satu yang menjadi daya tarik dan paling diburu pengunjung adalah penawaran spesial promo, diskon bahkan “crazy sale” dari agen travel perjalanan umroh. Diantaranya, Samsata Umrah & Hajj memberikan diskon sampai Rp 1 juta untuk pendaftaran umroh regular dan umroh plus, sedangkan untuk haji khusus dan haji furoda, mendapatkan voucher travel sampai Rp 3 juta. Potongan harga menarik untuk haji furoda, juga bisa diperoleh di stand Wafdullah Travel yang memberikan diskon sebesar $ 3.000, dari $25.000 menjadi $ 22.000, dengan bonus kereta cepat.

Tidak berhenti sampai disitu, sejumlah travel lainnya pun menawarkan banyak kejutan lain seperti Jannah Firdaus Travel, Namira Travel, Patuna Travel, Marco Tour & Travel, Abhinaya Tour & Travel. Marco Tour & Travel misalnya, menggelar promo besar-besaran (Big Sale) dan memberikan harga khusus bagi pengunjung yang daftar melalui booth nya selama Isra Festival 2022 berlangsung. Lalu Albis Nusa Wisata memberikan free gift handphone untuk pengunjung yang mendaftar haji dan umrah di boothnya selama pameran Isra Festival dan memberikan jutaan voucher haji dan umrah.

Selain itu, beberapa pihak maskapai pun turut memberikan diskon spesial untuk rute penerbangan tertentu seperti Jeddah dan Mekkah serta destinasi lainnya. dua diantaranya adalah ada Garuda Airlines dan Saudia Airlines.

Tak hanya dari travel wisata halal khusus haji dan umroh saja melainkan booth permainan, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Zurich Syariah Indonesia. BSI memberikan kemudahan bagi Program Pembiayaan Mitraguna Berkah untuk pelaksanaan ibadah umrah melalui travel rekanan BSI dengan pemberian special gift berupa oleh-oleh umrah. Selain itu, bagi pengunjung yang membuka tabungan, akan mendapatkan cashback sebesar Rp 25.000 pada saat acara berlangsung. Dan, Zurich Syariah yang memberikan cuma-cuma sebanyak 300 polis perlindungan kecelakaan selama pameran.

Harga Tiket Isra Festival Melalui Online

Untuk tiket, pengunjung dikenakan sebesar Rp 20.000, bisa dibeli secara online melalui aplikasi muslim lifeshop atau mengakses website israfestival.com. Informasi lebih lengkap Isra Festival bisa dilihat di IG @israfestival .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image