Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aisyah Bunga

Penggunaan Sosial Media Marketing dalam Mengembangkan Suatu Usaha Bisnis

Bisnis | Wednesday, 21 Dec 2022, 11:11 WIB

Setiap bisnis pastinya membutuhkan strategi marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan agar nantinya dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Teknologi yang semakin maju dan pengguna internet aktif dan media sosial di Indonesia meningkat dengan pesat setiap tahunnya, tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik bisnis termasuk dalam hal melakukan promosi. Semenjak kehadiran sosial media mempromosikan sebuah barang atau jasa semakin mudah dilakukan karna tidak lagi dilakukan via media cetak atau televisi.

Sosial media bukan hanya tempat mengekspos tentang tempat, individu atau sebuah entitas saja. Bagi para pelaku bisnis, fungsi media sosial semakin meningkat sebagai tempat beriklan dan pemasaran. Perusahaan dan pebisnis melihat iklan di sosial media sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Dengan memfasilitasi komunikasi dengan pelanggan, sosial media menjadi lebih nyaman digunakan untuk strategi pemasaran digital. Selain itu, pemasaran digital menggunakan sosial media juga lebih banyak dipilih oleh para pemilik bisnis karna dapat meningkatkan kesadaran orang mengenai brand bisnis dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan, bisa dilakukan secara gratis.

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial media marketing (SMM) merupakan salah satu bagian dari digital marketing yang memanfaatkan sosial media sebagai wadah marketingnya. Sosial media marketing lebih berfokus untuk membangun target pasar yang ada dalamnya. Semakin banyak sosial media yang digunakan maka akan semakin banyak pula target pasar yang akan mereka dapatkan.

Menurut Susan Gunelius, Sosial media marketing adalah bentuk dari direct marketing ataupun indirect marketing yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan untuk merek, bisnis, produk, atau orang serta dilakukan dengan menggunakan tools dari website sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing.

Apa Saja Keuntungan dalam Menggunakan Social Media Marketing?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Sosial Media dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk memperkenalkan merk bisnis Anda ke audiens. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan agar audiens mengenali dan mengingat merek Anda dan dapat mengembangkan preferensi mereka terhadap merek dan produk yang mereka inginkan. Kesadaran juga dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan merek, dan akhirnya menghasilkan dan meningkatkan penjualan.

Brand Awwareness juga dapat ditingkatkan dengan cara melakukan kolaborasi, sosialisasi, dan beriklan dibanyak tempat.

2. Social Media Presence

Social media presence meliputi seluruh usaha untuk aktif dan relevan dengan platform yang kamu gunakan, seperti dalam membuat konten, berinteraksi dengan konsumen, menyuarakan marketing campaign, dan masih banyak lagi. Social media presence dapat menarik konsumen dan membuat mereka mencoba produk dari bisnis anda. Selain itu, Sosial media presence juga dapat meningkatkan loyalitas dan memperkuat hubungan dengan audiens. Tanpa social media presence akan sulit untuk bersaing dengan brand lain.

3. Jangkauan luas

https://databoks.katadata.co.id/" />
Sumber : https://databoks.katadata.co.id/

Berdasarkan laporan We Are Social (2022), jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Secara keseluruhan, laporan ini menyebut ada 4,74 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia pada Oktober 2022. Jumlah ini setara dengan 59,3% dari total populasi global.

"Para pengguna ini umumnya menggunakan atau mengunjungi rata-rata 7,2 platform media sosial berbeda setiap bulan, dan menghabiskan rata-rata hampir 2,5 jam per hari menggunakan media sosial," kata We Are Social dalam Digital 2022 October Global Statshot Report.

Strategi Sosial Media Marketing

Banyak cara yang bisa di lakukan dalam menerapkan social media marketing, seperti pemanfaatan ads di Facebook maupun di Instagram. Strategi ini mempunyai banyak kelebihan, mulai dari efisiensi waktu maupun biaya, lebih luas jangkauannya. Namun dalam menerapkan social media marketing perlu ada tujuan dan strategy agar mendapatkan hasil yang maksimal. strategy yang bisa di terapkan dalam menjalankan social media marketing untuk meningkatkan bisnis antara lain,

1. Memahami Social Media Management

Social media management adalah proses membuat, menerbitkan, dan menganalisis konten yang akan di posting diplatform media sosial. Dalam strategy social media marketing, Anda perlu memahami tentang social media management agar dapat mengetahui urusan social media marketing, seperti waktu yang pas untuk posting, menganalisis insight dan tools lainnya yang mendukung kegiatan social media marketing.

2. Menentukan Target Audiens

target audience merupakan elemen penting dalam suatu bisnis. Dengan mengenali target audience, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain itu, Kegiatan marketing juga akan tepat sasaran dan memudahkan dalam membuat konten.

3. Menentukan Platform

Pemilihan platform social media marketing juga menjadi hal penting karena berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah dibuat. Sehingga, kesuksesan marketing strategy yang sudah dibuat akan berhubungan dengan platform social media marketing yang digunakan.

Cara untuk menentukan jenis sosial media marketing yang tepat bagi brand Anda adalah dengan membentuk audience persona, yang mewakili ciri khas pengguna seperti industri mereka, penunjukan pekerjaan, preferensi konten, demografis, karakteristik psikografis, dll.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan platform sosial media marketing yaitu,

• Jangkauan sosial media, Sosial media yang memiliki banyak jumlah pengguna, maka akan semakin baik.

• Audiens, Sosial media yang paling banyak digunakan oleh target audiens Anda.

• Konten, Media sosial yang dapat mendukung konten Anda dengan lebih efektif.

Setelah Anda telah mengetahui targer audiens pada bisnis Anda, pilihlah platform sosial media yang sesuai. Dengan begitu, semua kegiatan marketing yang akan Anda lakukan di media sosial akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Saat ini ada beberapa platform media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda,

1. Youtube

Youtube berada di peringkat kedua dengan jumlah pengguna aktif 2,51 miliar. Youtube juga dapat melakukan iklan dan berkolaborasi dengan para content creator yang dapat mempromosikan bisnis dengan cara yang menarik. Dengan YouTube, kamu bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audience atau target pasar. Fasilitas keterbukaan video yang diberikan tanpa batas membuat orang-orang juga puas menggunakan YouTube .

2. Instagram

Instagram memiliki 1,38 miliar pengguna aktif. Di Instagram terdapat beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat konten menarik seperti, Feed, Instagram Story, dan IG TV untuk mempromosikan produk, launching produk terbaru, hingga sesi live di Instagram Live. Selain itu, Instagram juga memiliki fitur khusus seperti Instagram Ads. iklan Anda dapat muncul di Instagram stories atau feed dari target audience Anda.

3. Facebook

Facebook memiliki 976 juta pengguna aktif. Selain mengenalkan bisnis, Facebook juga dapat digunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads. Fitur ads dari Facebook dapat digunakan untuk mempromosikan halaman bisnis agar dapat dijangkau oleh banyak orang. Anda juga dapat menentukan audience mana yang akan mendapatkan iklan tersebut.

4. Membuat Konten yang Menarik

Pembuatan konten yang menarik dapat menarik perhatian target yang ingin dituju, konten yang unik dan menarik bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis.

Dari semua pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Media Sosial dapat digunakan sebagai suatu alat digital marketing yang dapat menjangkau semua kalangan, dengan biaya yang relatif terjangkau atau tidak menggunakan biaya sama sekali dan digunakan untuk menciptakan suatu komunitas, membangun hubungan, dan bertukar informasi dengan sesama pengguna Media Sosial dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image