UKM Kopma UGM Miliki Pertashop, Mantapkan Inkubator Kewirausahaan Mahasiswa

Info Kampus  
Rektor UGM, Prof Ova Emilia meresmikan Pertashop Kopma UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM Kopma) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memiliki Pertamina Shop (Pertashop). Kehadiran Pertashop yang menjual bahak bakar minyak (BBM) ini memantapkan program kewirausahaan di kampus untuk mendukung pemerintah dalam mencetak wirausaha baru Indonesia.

Ketua Kopma UGM, Asep Mahendra mengatakan Pertashop UGM berlokasi di Jalan Persatuan, Sendowo, Sinduadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pertashop ini sebetulnya sudah mulai beroperasi sejak bulan September 2022. Selain menjadi inkubator bisnis bagi mahasiswa UGM, usaha Pertashop ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA : Metode TRIZ Mempercepat Terciptanya Wirausaha Mahasiswa, Ini Faktanya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kami sampaikan terima kasih kepada UGM dan Pertamina yang telah mendukung dalam merealisasikan gagasan positif Pertashop sebagai wadah inkubator jiwa kewirasusahaan mahasiswa yang dimotori Kopma UGM,” kata Asep Mahendra saat peresmian Operasional Pertashop UGM, Jum’at (16/12/2022).

Menurut Asep, usaha Pertashop mampu membantu Kopma UGM dalam mengembangkan bisnis setelah sempat meredup selama pandemi Covid-19. Buktinya, bisnis Pertashop mengalami kenaikan omset yang cukup signifikan sejak awal beroperasi. "Kedepan Kopma akan terus mengembangkan usaha di sektor lainnya, termasuk saat ini tengah menyiapkan co-working space,” kata Asep.

Rektor UGM, Prof Dr Ova Emilia, M Med Ed, Sp OG(K), PhD, mengatakan pembukaan Pertashop di UGM ini menjadi langkah yang baik bagi Kopma UGM agar bisa lebih bergairah dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, kehadiran Pertashop ini juga diharapkan bisa bermanfaat bagi seluruh anggota Kopma UGM dalam melatih keterampilan berwirausaha. "Jadi bisnis Pertashop ini bukan sekedar untuk profit saja, tetapi menjadi ajang melatih keterampilan wirausaha," kata Rektor UGM.

BACA JUGA : D'Sava, Plastik Inovasi Mahasiswa UII dari Kulit Singkong Sabet Gold Award di INDES 2022

Lebih lanjut Rektor mengatakan UGM akan terus mendukung pengembangan usaha yang dilakukan Kopma UGM. Kedepan Rektor juga berharap sinergi dengan Pertamina bisa terus bertumbuh, berkembang, serta memberi manfaat bagi sivitas akademika UGM dan masyarakat luas.

Sementara Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra menyampaikan dukungan pengembangan usaha yang dilakukan Kopma UGM. Pendirian Pertashop ini menjadi kolaborasi pertama dengan perguruan tinggi di Indonesia yang akan diikuti oleh sejumlah universitas lain dalam beberapa waktu dekat.

“Salah satu peran Pertamina sebagai BUMN adalah menjalankan pelayanan publik memberikan kontribusi bagi negara dan ini sejalan dengan tridharma perguruan tinggi. Karenanya kami mendukung penuh pengembangan Pertashop di UGM ini yang mendekatkan dunia pendidikan dan penelitian dengan dunia bisnis, sinkronisasi inkubasi dengan mahasiswa,” kata Legowo Putra. (*)

BACA JUGA : Persiapan Hanya 11 Hari, Mahasiswa UII Raih Medali Perak di INDES 2022, Ini Rahasianya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image