Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dedy Darma Yuda

Sejarah Mobil Volvo pada Fitur Keselamatannya

Teknologi | Saturday, 17 Dec 2022, 11:48 WIB
volvo repair  burnaby - johnsonvolvocarsdurham.com" />
sumber gambar : volvo repair burnaby - johnsonvolvocarsdurham.com

Sejarah mobil volvo - Mobil Volvo adalah salah satu mobil mewah premium. Mobil ini biasanya digunakan oleh para pejabat. Dengan desainnya yang mewah dan stylish, mobil ini kadang kala terlihat sangat elegan. Mobil Volvo sendiri merupakan produk yangDidirikan pada tahun 1927 di Gothenburg, Swedia.

Beragam tipe telah diluncurkan di pasaran, antara lain sedan, SUV, dan station wagon. Mobil buatan Swedia ini memiliki cukup banyak pesaing seperti Audi, BMW dan Mercedes-Benz. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah sejarah mobil volvo lebih lanjutnya bagi yang masih penasaran.

Sejarah Mobil Volvo pada Fitur Keselamatannya

Mobil-mobil Volvo memiliki reputasi keamanan yang sudah lama ada. Faktanya, itu adalah landasan identitas merek Swedia. Awalnya, Volvo dikenal sebagai pabrikan yang mengutamakan keselamatan saat menemukan fitur sabuk pengaman 3 titik yang masih digunakan hingga saat ini. Insinyur Volvo, Nils Bohlin, mengemukakan gagasan tersebut, dan pada tahun 1959 sabuk pengaman tiga titik diperkenalkan ke dalam produksi seri untuk PV544.

Volvo tahu bahwa sabuk pengaman ini sangat membantu dalam melindungi pengemudi dan penumpang. Dengan demikian, Volvo belum mendaftarkan paten atas penemuannya untuk digunakan oleh pabrikan lain. Volvo juga mencegah jutaan pengemudi mencari sabuk pengaman. Semua inovasi dalam fitur keselamatan Volvo berasal dari fasilitas uji tabrak kami yang canggih. Setiap tahun Volvo 'menghancurkan' 400 mobil dalam uji keamanan.

Volvo sendiri memiliki dua jalur pengujian, yang pertama melibatkan tabrakan dengan berbagai tabrakan depan, samping, dan belakang dengan rintangan dan kendaraan lain ke segala arah dengan kecepatan hingga 120 km/jam. Fasilitas pengujian selanjutnya adalah lapangan terbuka untuk pengujian saat mobil terguling. Berkat fasilitas ini, Volvo menjadi satu-satunya merek yang atapnya tetap utuh meski mobilnya terguling.

Volvo juga mengembangkan lebih lanjut integrasi airbag sebagai bagian dari fitur keselamatan kendaraan, menjadi pabrikan pertama di dunia yang memperkenalkan airbag dampak samping pada tahun 1994. Fungsi ini melengkapi Side Impact Protection System (SIPS), yang muncul pada tahun 1991 dengan Sisi konstruksi yang kaku untuk melindungi dari benturan.

Di tahun Berikutnya Fitur side impact airbag yang rasanya kurang aman dikembangkan lebih lanjut lagi menjadi inflatable curtain. Balon udara panas samping dirancang untuk tidak mengempis dengan cepat pada benturan samping atau situasi terguling kendaraan. Fitur ini melindungi seluruh penumpang baik di baris pertama maupun kedua.

Kenapa Volvo Dijadikan Pionir Fitur bagi Keselamatan Anak?

Karena Volvo terus berinovasi dengan fokus pada tingkat keselamatan tertinggi. Volvo menemukan kursi anak menghadap ke belakang pada tahun 1972, sebelum produsen mobil lain menemukan ISOFIX dan perlindungan penumpang anak.

Temuan ini didasarkan pada fakta bahwa anak-anak berusia antara 0 dan 15 tahun adalah korban kecelakaan mobil yang paling mungkin. Volvo bekerja sama dengan perusahaan asuransi Swedia, Folksam, untuk melakukan studi tentang risiko penumpang anak.

Mereka melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa anak-anak yang menambahkan kursi anak dan duduk menghadap ke depan lima kali lebih mungkin mengalami cedera daripada anak-anak yang duduk di bagian belakang.

Volvo merekomendasikan agar anak usia 0-4 tahun duduk di kursi ekstra dengan kursi menghadap ke belakang. Syaratnya, airbag dilepas saat kursi anak diletakkan menghadap ke belakang di samping kursi pengemudi.

Dalam hal keselamatan anak, Volvo mengembangkan lebih lanjut konsep child booster seat pada tahun 1978. Perangkat tambahan seperti bantal ini memungkinkan anak duduk ke depan dan menggunakan sabuk pengaman secara normal.

Penemuan ini disempurnakan lebih lanjut pada tahun 1990 dengan menawarkan child booster seat yang dipasang langsung ke jok. Bantalan penguat bawaan memberi anak posisi duduk yang lebih baik dan juga memungkinkan mereka untuk melihat ke luar jendela.

Kesimpulan

Volvo mungkin bukan lagi merek mewah seperti pada tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi dari penjelasan sejarah mobil volvo di atas tidak akan mengubah filosofinya untuk fokus pada berkendara yang aman. Karena sampai saat ini fitur ini masih digunakan sampai sekarang.

Jadi Ini bukan hanya tentang perlindungan, tetapi juga tentang kenyamanan. Hal ini juga dibuktikan dengan hadirnya fitur child booster seat. Bayi dapat duduk dengan nyaman dan aman di kursi belakang dengan sabuk pengaman terlindungi. Selain itu, tambahan "bantal" ini membuat Anda leluasa melihat keluar jendela tanpa harus duduk di pangkuan orang tua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image