Lima Alasan Kita Perlu Membersihkan Laptop SECEPATNYA!

Gaya Hidup  

Sama seperti gagang pintu kamar mandi, gagang pintu rumah, atau sakelar lampu, kotoran yang menempel di laptop kita sering kali diabaikan. Padahal kita mungkin sering melakukan kebiasaan jorok, seperti mengetik sambil ngemil, langsung buka laptop dengan kondisi tangan sedikit berminyak, bahkan abis mengupil langsung menyentuh keyboard.

Fyuh! Membayangkannya saja saya sudah jijik. Percaya atau tidak, sekuat apapun daya tahan tubuh kita, begitu kuman dibiarkan tumbuh dan menumpuk di laptop, suatu hari kuman-kuman itu mendatangkan penyakit untuk kita.

Kapan terakhir kali kita membersihkan laptop? Tahu tidak? Laptop itu sama seperti komputer dan layar televisi, menjadi magnet yang menarik debu juga kotoran.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Layar laptop (Foto: Pixabay)

Menggunakan laptop yang baru dibersihkan sama memuaskannya dengan memunyai laptop baru. Tombol-tombolnya bebas noda, layarnya kinclong, kita bisa jatuh cinta lagi dengan laptop yang mungkin usianya sudah tahunan.

Berikut adalah lima alasan kita perlu membersihkan laptop sekarang juga.

1. Laptop bisa overheating

Masalah debu tak sesederhana itu. Debu bisa menyumbat kipas dan ventilasi di dalam laptop, membuat laptop menjadi overheating.

Laptop yang kepanasan akhirnya mendatangkan malapetaka pada hardware. Gawai kita bisa down.

Berikut tutorial singkat cara membersihkan laptop.

· Matikan laptop, lepaskan baterainya, kemudian bersihkan dengan kain mikrofiber.

· Jika laptop kita memiliki panel bawah, buka tutupnya, gunakan air blower atau blower karet untuk membersihkan kipasnya dari debu.

· Jika baterai laptop kita tidak bisa dibuka, arahkan air blower ke ventilasi pendinginnya, lakukan hal sama.

2. Laptop bisa lemot

Jika laptop kita kepanasan dan terus berada dalam kondisi begini, dia akan menggunakan kapasitas maksimal selama dalam posisi on. Akibatnya laptop kita lama-lama bisa lemot karena terus dipaksa aktif dalam kondisi overheating.

Bersihkan keyboard laptop setidaknya sekali dua pekan, dan bersihkan kipasnya minimal sekali sebulan.

3. Tombol-tombol laptop bisa macet

Berhati-hatilah! Ngemil sambil minum minuman berkafein atau bersoda saat mengetik di laptop sampai larut malam bisa memperpendek umur laptop. Remah-remah makanan bekas kita bisa menumpuk di keyboard.

Tombol-tombolnya bisa tersumbat dan lengket saat kita mengetik di atasnya. Jelas ini akan memperlambat kinerja kita saat bekerja.

4. Supaya kita bisa menggunakan laptop setiap hari

Freelancer seperti saya misalnya, membutuhkan laptop setiap hari untuk bekerja dari rumah. Laptop saya nyaris jarang dalam posisi off.

Oleh sebabnya kita perlu rutin membersihkan laptop. Pasalnya kita membutuhkan laptop setiap hari untuk bekerja atau mendampingi anak belajar daring.

5. Meminimalisir biaya perbaikan

Pada akhirnya jika kita rajin membersihkan laptop kita, itu secara langsung memelihara komponen internal. Artinya kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika suatu hari nanti laptop kita harus diservis.

Hore, sekarang laptop Anda sudah bersih dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan lupa, pastikan membersihkan laptop secara menyeluruh untuk menjaga kinerja dan tampilannya tetap prima.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Istri dan ibu tiga anak, merangkap blogger, dan content writer. Sembilan tahun pernah bekerja sebagai jurnalis di salah satu media nasional.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image