Mau Ikut Program Fellowship di Italia? Ada Policy Leader Fellowship

Umum  

European University Institute (EUI) saat ini sedang membuka program Policy Leader Fellowship (PLF). Policy Leader Fellowship merupakan program yang untuk karier menengah para profesional di bidang kebijakan seperti politik, layanan sipil, media, organisasi non-pemerintah, dan lainnya.

foto : dok. republika.co.id

Nantinya, kegiatan fellowship akan berlangsung selama lima atau sepuluh bulan di fakultas School of Transnational Governance. Penerima beasiswa fellowship ini akan mempelajari tentang pengembangan rekomendasi kebijakan dan solusi praktis, serta mengikuti pelatihan keterampilan professional.

Sebagai informasi, European University Institute ini berlokasi di kota Fiesole, Italia. Program ini akan dilaksanakan pada 1 September 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Syarat dokumen

1. CV (maksimal 3 halaman)

2. Biografi singkat (maksimal 250 kata)

3. Dua surat referensi

4. Fotokopi ijazah pendidikan tertinggi

5. Letter of motivation (maksimal 1.000 kata)

6. Rencana proyek (maksimum 2.500 kata)

7. Contoh karya ( bersifat opsional, maksimum dua contoh).

Sobat Calakan dapat menyerahkan contoh karya untuk mendukung pendaftaran dan menunjukkan keahlian pada topik tertentu. Adapun contoh karya seperti makalah/laporan/ringkasan kebijakan, artikel, op-ed (opini editorial atau rubrik opini), tautan web, wawancara, karya media sosial, postingan blog, dan lain-lain.

Syarat kemampuan Bahasa Inggris

Kandidat diharapkan memiliki kemampuan Bahasa Inggris pada level C1 dari the Common European Framework of Reference (CEFR). Maka dari itu, Anda diharapkan dapat mengecek skor Bahasa Inggris, apakah sudah setara level C1 CEFR atau belum. Adapun sertifikat Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa Fellowship seperti Test of English as a Foreign Language (TOEFL), International English Language Testing System (IELTS), Cambridge English Examinations (CAE), Test of English for International Communication (TOEIC), Business English Certificate (BEC).

Selain itu, Anda dapat menggunakan TOEFL Home Edition Test, bila tidak dapat melakukan tes TOEFL dikarenakan masalah kesehatan. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris ini sebenarnya tidaklah wajib. Akan tetapi, sangat bermanfaat apabila Anda melakukan wawancara dalam Bahasa Inggris dan diminta untuk menunjukkan dokumen pendukung.

Batas akhir pendafatan

Batas akhir pendaftaran yaitu 25 Januari 2023 pukul 14.00 waktu Central European Time (CET).

Pendaftaran harus dikumpulkan melalui portal pendaftaran online. Pendaftaran dengan kertas atau email tidak akan dipertimbangkan.

Kriteria seleksi dan evaluasi

Profil umum para kandidat:

1. Profesional karier menengah, kandidat mampu menunjukkan pengalaman profesional yang solid (minimal 10 tahun) dan potensi keunggulan masa depan di bidang kebijakan tertentu; kandidat dengan profil akademis yang ketat biasanya tidak akan dipertimbangkan.

2. Gerakan motivasi diri, kandidat mampu menyelesaikan kegiatan yang disajikan menurut rencana kerja fellowship secara mandiri.

3. Individu yang berpikiran terbuka dan rasa ingin tahu, kandidat bersedia untuk terlibat dalam diskusi rekan tentang topik yang mungkin melampaui bidang keahlian mereka.

Kriteria evaluasi

1. Pencapaian dan potensi: Penilaian kandidat berdasarkan kontribusi pada bidang kebijakan yang tertera di CV dan bukti pendukung lainnya. Minimal mempunyai gelar sarjana.

2. Area fokus: Bidang kerja kandidat harus diselaraskan secara luas dengan area fokus School of Transnational Governance (STG). Tema lain juga dapat dipertimbangkan tetapi preferensi akan diberikan kepada pelamar yang mencakup bidang kebijakan fakultas dan program STG.

3. Rencana kerja fellowship: Pelamar dinilai berdasarkan substansi profesional dari rencana kerja mereka serta kelayakannya, penerapannya dalam konteks kebijakan transnasional dan potensi dampaknya.

4. Motivasi: Pelamar harus dapat mengartikulasikan perbedaan apa yang akan dilakukan saat fellowship serta apa yang dapat mereka tawarkan kepada STG.

5. Keragaman: Program ini mengupayakan keragaman tematik dan geografis serta keseimbangan gender.

JIka sobat berminat, informasi lebih jelas dapat mengunjungi website resmi European University Institute. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image