Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Penguasaan Teori dan Sejarah Adalah Hal Penting

Info Terkini | Tuesday, 13 Dec 2022, 21:16 WIB

Strategi harus memiliki ini penting. Tidak lengkap kalau memiliki alutsista banyak, lengkap, dan modern kalau tidak ada strategi dalam perang mudah dikalahkan. Contohnya dalam pertandingan sepakbola klub besar dan segudang pengalaman bisa kalah dengan klub bola yang memiliki strategi yang bagus.

Pernyataan Pak Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menegaskan bahwa penguasaan teori dan sejarah adalah hal penting dalam mempelajari tentang perang.

Hal ini disampaikannya saat menutup “Warfare and Strategy Course 2022”, di Bogor, Jumat (9/12) yang diselenggarakan Universitas Pertahanan (Unhan) RI sejak 21 November - 9 Desember 2022.

 

Kursus ini menghadirkan pakar strategi terbaik dari berbagai perguruan tinggi ternama internasional secara online dan offline dan diikuti sekitar 100 pejabat militer dan sipil dari ketiga matra dan sejumlah kementerian/lembaga.

Penguasaan teori salah satu strategi. Pernyataan pak Menhan tepat.

"Kursus ini akan menambah pengetahuan dan wawasan. Belajar terbaik tentang perang adalah dari sejarah, berbagai tulisan-tulisan tentang perang dan belajar dari para pakar yang mendalami teori dan sejarah perang," ujar Prabowo.

Intinya semua itu harus dengan ilmu. Apa pun itu dengan ilmu yang dikuasai termasuk menghadapi perang jadi tidak hanya pakai otot, alat canggih dan lainya. Tapi harus menggunakan ilmu untuk mengatur Startegi.

Kegiatan ini merupakan wujud kontribusi yang penting bagi bidang kajian perang dan strategi untuk komunitas pertahanan maupun TNI.

“Diadakan kursus ini agar saudara paham secara teori, memiliki kemampuan serta bertanggung jawab atas nama keselamatan bangsa dan negara ke depan. Ini tugas kita bersama,” lanjutnya.

Prabowo kemudian menjelaskan bahwa belajar dari perang di Ukraina, artileri jarak jauh menentukan di medan pertempuran modern dan logistik menentukan kemenangan.

“Secara keseluruhan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) terbukti unggul. Karenanya, selamat berjuang dan junjung tinggi selalu merah putih, jadilah pemimpin-pemimpin terbaik,” ujarnya.

Prabowo juga menyampaikan penghargaan pada para peserta terbaik, yaitu Kolonel Laut (P) Donny Soeharto, Marsma TNI Wastum, Kombespol Rantau Isnur Eka dan Brigjen TNI Agustinus Purboyo.

Peserta dalam kegiatan ini di antaranya berasal dari Kemhan, Polhukam, Kemenlu, Lemhanas, Wantannas, BIN, BSSN, Bakamla, Polri, Sesko TNI, Mabes AD, AL dan AU.

Sumber : Inews.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image