Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aditya Putra

Cara Pakai ChatGPT, AI Cerdas yang Ramai Jadi Kontroversi

Teknologi | Tuesday, 13 Dec 2022, 12:10 WIB

ChatGPT adalah model AI pembelajaran bahasa yang dibuat oleh OpenAI. Ini adalah chatbot kompleks yang memahami konteks pesan dan menghasilkan teks mirip manusia.

Pengguna dapat menggunakannya untuk memahami konsep, bermain game, mengembangkan ide, menulis skrip dan blog, atau bahkan mengobrol tentang sesuatu yang diminati. Cara pakai ChatGPT pun terbilang relatif mudah.

Saat ini ChatGPT tersedia secara gratis. Untuk menggunakan ChatGPT, pengguna memerlukan akun OpenAI dan harus memenuhi syarat umur di atas 18 tahun.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara menggunakan ChatGPT:

Cara daftar akun ChatGPT

. Pertama, buka ChatGPT di situs OpenAI dengan https://chat.openai.com

. Gulir ke bawah dan klik tombol Coba ChatGPT

. Klik tombol Daftar jika pengguna belum memiliki akun di OpenAI. Jika sudah punya, pengguna dapat mengklik tombol Log in.

. Klik Buat akun OpenAI

. Di halaman berikutnya, pengguna dapat menggunakan alamat email untuk membuat akun.

. Setelah selesai, pengguna akan diarahkan ke halaman ChatGPT di mana pengguna dapat memulai percakapan.

Cara pakai ChatGPT

. Setelah berhasil masuk, pengguna dapat membuka tautan ChatGPT untuk masuk ke halaman obrolan. Di halaman tersebut, pengguna akan menemukan kotak pesan di bagian bawah seperti halnya layanan obrolan lainnya.

. Di sini pengguna dapat memulai percakapan apa pun atau mengajukan pertanyaan.Kemudian tekan Enter atau klik ikon panah di ujung kotak pesan untuk memunculkan hasil. Sebagai catatan, ChatGPT tidak memiliki preferensi pribadi, sehingga hindari mengajukan pertanyaan seperti film favorit.

. ChatGPT akan menghasilkan balasan dengan cepat yang didasarkan pada data dari berbagai sumber termasuk Twitter, sehingga ada kemungkinan jawaban yang disediakan oleh ChatGPT keliru.

. Pengguna juga dapat membalas ChatGPT untuk melanjutkan percakapan lebih lanjut. ChatGPT mampu mengingat percakapan yang pengguna lakukan sebelumnya dan dapat memahami konteks balasan.

. Pengguna dapat melanjutkan obrolan lebih lanjut. Alih-alih hanya pertanyaan satu kalimat, pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan yang rumit dan dipersonalisasi.

. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengklik opsi Atur Ulang Utas di bilah sisi kiri untuk kembali ke beranda dan memulai percakapan baru. Pengguna pun memiliki opsi mode terang dan gelap di sidebar kiri aplikasi web.

Setelah mengetahui cara pakai ChatGPT, pengguna kini dapat menjajal untuk mengobrol dengan AI cerdas tersebut.

Sumber: https://kalikata.id/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image