Berkunjung ke Amerika Serikat, Perhatikan Ini (Bagian 1)

Melancong  

Amerika Serikat (AS) atau negeri Paman Sam selalu menjadi negara impian hampir semua orang di seluruh dunia. Selain negara tujuan kuliah dan mengadu nasib, ada juga yang sekedar ingin berlibur di AS. Buat sobat Calakan yang baru pertama kali berkunjung ke AS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini. (Bagian 1)

foto : dok. republika.co.id

1. Jangan mencoba melihat atau melakukan banyak hal

Dibandingkan dengan negara-negara di Eropa, AS merupakan salah satu negara yang luas. Jadi, sangat disarankan untuk tidak melihat dan mencoba banyak hal saat berkunjung ke AS dalam waktu yang singkat. Pasalnya, banyak turis yang berkunjung ke New York, Washington, DC, Miami, dan Los Angeles dalam satu perjalanan. Hal ini akan membuat turis atau wisatawan merasa lelah, apalagi jika waktu liburan di AS sangat terbatas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saran terbaik yaitu dengan mengunjungi satu wilayah dan lakukan perjalanan lebih mendalam. Misalnya, mungunjungi Pantai Timur seperti New York dan Washington. DC. Bisa juga ke wilayah Barat seperti Los Angeles, San Francisco, dan Las Vegas atau ke wilayah lainnya seperti di Tenggara, Barat Daya, Barat Laut, dan Barat Tengah.

2. Lakukan pelayanan yang baik

Di Amerika, meninggalkan tip merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Tip merupakan persentase besar dari gaji beberapa pekerja layanan, terutama pekerja restoran, yang upah rata-ratanya dapat berkisar dari 2,13 USD per jam hingga 7,25 USD per jam. Jumlah tip yang diberikan bisa berbeda di setiap negara bagian. Jangan pernah berpikir untuk meninggalkan restoran tanpa memberi tip, karena itu dianggap tidak sopan. Jadi berilah tip sekitar 10%-20% dari jumlah pesanan.

Selain di restoran, ada juga saran yang bisa Anda ikuti saat memberikan tip di industri perhotelan:

1. Pramutamu: tergantung pada tingkat kesulitan permintaan Anda

2. Bartender: 1-2 USD per minuman

3. Pengurus rumah tangga: 1-5 USD per malam

4. Valet: 1-5 USD setiap kali valet membawa mobil Anda

5. Porter hotel: 1-2 USD per kantong

6. Penjaga pintu: beberapa dolar jika mereka membantu Anda mendapatkan taksi

7. Supir taksi: 10-15% dari biaya perjalanan

8. Pengemudi antar-jemput bersama: 2-3 USD per orang

9. Pengiriman makanan: 1-4 USD tergantung jarak dari restoran ke akomodasi Anda

3. Perhatikan larangan merokok

Jika Anda seorang perokok, maka berhati-hatilah. Beberapa kota di AS memiliki larangan merokok yang paling ketat di dunia. Seperti New York City, Chicago, Seattle, San Francisco, atau Washington, DC. Larangan merokok berlaku di bar, klub, restoran, dan sebagian besar tempat dalam ruangan, seperti mal. Hingga tahun 2018 saja ada 38 negara bagian yang mengeluarkan aturan larangan merokok di dalam ruangan. Di California, larangan merokok sudah meluas ke pantai, taman, fasilitas perawatan kesehatan, bahkan tempat tinggal.

4. Tepat waktu

Ketepatan waktu merupakan hal krusial di Amerika. Jika seseorang meminta Anda bertemu jam 8.00, maka Anda harus menemuinya jam 8.00 atau lebih awal beberapa menit. Jadi, jangan harap Anda datang terlambat dianggap biasa, justru keterlambatan dianggap tidak sopan. Berikan waktu lebih untuk menuju lokasi yang sudah ditentukan, terutama jika hal tak terduga terjadi, misalnya lalu lintas macet.

5. Jangan gunakan Bahasa gaul Amerika

Tidak seperti pada film-film Amerika, orang Amerika sangat serius dalam menanggap cara bicara Anda jika menggunakan kata-kata yang merendahkan atau merendahkan yang terkait dengan ras dan kelompok etnis tertentu. Bersikaplah bijaksana, sadar akan lingkungan Anda, dan coba gunakan kosa kata kehidupan sehari-hari. Contohnya gunakan “How’re you doing?” daripada “How are you?”, kecuali jika Anda belum pernah mendengar kata tersebut yang sering digunakan di wilayah yang Anda kunjungi. Selain itu, perhatikan kata-kata yang sering diucapkan oleh orang-orang di wilayah selatan. Mereka juga memiliki kosa kata pada kata-kata tertentu. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image