Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gilang Hadiana Suntana

Mencetak Siswa Madrasah yang Unggul dengan Organisasi

Eduaksi | Saturday, 10 Dec 2022, 11:18 WIB
Kegiatan Pramuka di MA AL Muniroh Sukaratu Tasikmalaya

Sebagai makhluk yang ditakdirkan berkelompok dalam keberagaman, Manusia dituntut untuk hidup saling berdampingan dengan penuh tanggung jawab secara sosial. Pola tersebut harus tertata dengan rukun, agar tidak terjadi gesekan. Dalam kehidupan masyarakat, hubungan antar sesama individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok lain tidak bisa terpisahakan karena sudah menjadi bagian dari Konsekuensi Manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam setiap kelompok, agar tertata dan berjalan tertib tentu harus ada seorang pemimpin. Seorang pemimpin dituntut harus mampu menjalankan roda kelompok dengan baik, dengan arah yang samayang ingin dituju dengan anggota yang lain. Tentunya, memilih pemimpin yang baik tidak boleh asal-asalan, harus sesuai dengan kemampuan, keahlian dan pengalaman yang dimilikinya.

Pemimpin lahir dan terbentuk dari sebuah wadah yang disebut Organisasi. Apa itu Organisasi ? Organisasi merupakan suatu wadah berkumpulnya orang dengan 3 sistematis pola, yaitu terpimpin, terkendali dan terencana secara rasional dalam memanfaatkan segala sumber yang ada untuk mencapai tujuan bersama. Dalam sebuah organsisasi harus memenuhi 3 unsur yaitu Partisipasi, Kesukarelaan terhadap Organisasi dan Tanggung Jawab. Salah satu bentuk Organisasi yang ada di lingkungan masyarakat yaitu Organisasi Sekolah/Sekolah/Madrasah.

Kehadiran organisasi di Sekolah/Sekolah/Madrasah merupakan bentuk terwujudnya 3 unsur, yaitu sikap Partisipatif dalam mengembangkan Sekolah/Madrasah, sikap kepedulian, kerelaan terhadap Sekolah/Madrasah, dan yang paling penting adalah rasa memiliki dan tanggung jawab kepada Sekolah/Madrasah. Agar Sekolah/Madrasah mampu mewujudkan hal tersebut, maka ruang Organisasi Sekolah/Madrasah harus dibuka seluas-luasnya seperti penguatan Organisasi di Kelas, Peningkatan Kapasitas OSIS/MPK, Pramuka, PMR, Paskibra dan jenis yang lainnya.

Banyak pemimpin yang lahir dari Rahim organisasi, baik itu di Sekolah/Madrasah, kampus mapun di masyarakat. Dengan belajar berorganisasi di Sekolah/Madrasah dapat menumbuhkan jiwa pemimpin, kedisiplinan dan tanggung jawab. Mengapa demikian, karena dalam organisasi ada pelajaran penting yang tidak ada dalam buku pelajaran. Nilai dan karakter berorganisasi tumbuh melalui aktivitas, kebiasaan, cara berfikir, cara bersikap dalam suatu organisasi. Itulah yang membedakan, siswa yang aktif dalam berorganisasi dengan siswa yang tidak ikut dalam organisasi.

Manfaat organisasi Sekolah/Madrasah bagi siswa diantaranya :

1. Sebagai ruang mengasah minat dan bakat.

Organisasi menjadi tempat menyenangkan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan minat bakatnya

2. Belajar Manajemen Waktu

Organisasi mengajarkan kedisiplinan, sehingga budaya tepat waktu terbentuk dalam ruang Organisasi

3. Percaya diri dan Belajar Menjadi Pemimpin

Rapat merupakan bagian dari aktivitas Organisasi. Kegiatan inilah yang mencetak siswa yang mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dan belajar menjadi pimpinan rapat

4. Mengukur Kemampuan Diri

Organisasi menuntut seseorang untuk bergerak dinamis. Jika pada suatu masa menjadi anggota, maka kedepan harus dituntut menjadi ketua bidang atau ketua organisasi

5. Memperluas Jaringan

Dalam berorganisasi, kita juga dituntut untuk berpikir terbuka dan menerima gagasan lain. Organisasi juga mengenalkan kita kepada organisasi yang lain, sehingga relasi dan jangkauan organisasi kita semakin luas

Organisasi di Sekolah/Madrasah sangat berperan penting mewujudkan generasi yang unggul di masa yang akan datang. Generasi unggul juga dapat diartikan sebagai generasi yang memiliki kecerdasan dan karakter yang baik di dalam dirinya, selalu berdampak positif bagi diri sendiri, sesama dan di sekitar lingkungannya. Menjadi generasi unggul tentunya bukan sebuah kebetulan ataupun hal yang mudah melainkan hasil dari proses yang diciptakan dan harus dimulai sejak dini. Solusi yang baik untuk mewujudkan Generasi Unggul yaitu dengan Berorganisasi di Sekolah/Madrasah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image