Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdurrahman Saleh

Prihatin Nasib Korban Gempa Cianjur, Mapala Kompas Pagar Alam Kirim Bantuan

Kabar | Friday, 09 Dec 2022, 18:56 WIB
Warga korban gempa yang tinggal di Kampung Ciseupan, Cianjur, membersihkan puing rumahnya yang rusak berat. (WARTAPALA INDONESIA / Ahyar Stone)

 

Cianjur - Prihatin terhadap nasib korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Mapala Kompas STKIP Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, mengirim bantuan ke warga Kampung Ciseupan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur.

Kampung Ciseupan merupakan salah satu kampung yang tingkat kerusakannya tergolong parah. Sementara bantuan yang masuk ke sana masih minim. Padahal sebagian besar profesi warga Kampung Ciseupan adalah buruh tani yang tak memiliki sawah. Terjadi gempa, membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Mapala Kompas menitipkan bantuan ke Posko Kemanusiaan SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia). Lokasi Posko Kemanusiaan SARMMI berada di tengah Kampung Ciseupan.

Posko SARMMI dikelola oleh relawan dari beberapa organisasi pecinta alam seperti Mapala Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Pattupala Jakarta dan Sapta Pala SMAN 7 Jakarta.

Menurut kordinator Logistik Posko Kemanusiaan SARMMI, Rizki Vijay, bantuan dari Mapala Kompas berupa terpal untuk tenda pengungsi, bahan pangan, peralatan tulis menulis untuk siswa sekolah dasar dan masih banyak lagi.

“Bantuan sudah kami salurkan ke warga Kampung Ciseupan. Sedangkan peralatan tulis dibagikan ke anak-anak Kampung Ciseupan saat relawan SARMMI menyelenggarakan sekolah darurat,” jelas Vijay.

Sementara itu Ketua Umum Mapala Kompas, Syarifudin Randiansan Saputra Sudarji, saat dihubungi jurnalis Wartapala Ahyar Stone melalui sambungan jarak jauh menceritakan, anggota Mapala Kompas melakukan penggalangan donasi di Pasar Dempo Permai Kota Pagar Alam, dan perempatan lampu di depan Perpustkaan daerah.

“Bantuan yang didapat, kami kirimkan ke Posko Kemanusiaan SARMMI untuk disalurkan ke warga korban gempa di Kampung Ciseupan,” kata Syarifudin.

Syarifudin berharap warga Kampung Ciseupan dapat segera bangkit dari keterpurukan.

“Selain mengirim bantuan kemanusiaan, kami juga mengirim doa. Agar kehidupan warga kampung Ciseupan segera pulih seperti sebelum terjadi gempa,” pungkasnya. (AS)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image