Ma'ruf Amin: MUI Adalah Rumah Saya

News  
Kyai Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pada pembukaan Mukernas MUI di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

JAKARTA --- Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin pada Kamis petang (8/12/2022) membuka acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUai) di Grand Hotel Sahid, Jakarta. Saat memberikan sambutan, Kyai Ma'ruf yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI tersebut berkata, "MUI adalah rumah saya."

Sedianya, Mukernas akan dilaksanakan di Propinsi Lampung, dan acara pembukaan akan dilakukan pada hari Jumat (9/12). Namun, menurut ketua pengarah Mukernas MUI, Prof. Utang Ranuwijaya, karena satu hal, tempat acara dipindahkan ke Jakarta. Waktu pembukaan pun diubah dari Jumat ke Kamis.

Awalnya, Kyai Ma'ruf sudah menyatakan kesediaan hadir di acara pembukaan hari Jumat di Lampung. Namun, ketika waktu dan tempat diubah, kata Utang, Kyai Ma'ruf tetap menyatakan kesediaan untuk hadir. "Itu menunjukkan Kyai Ma'ruf sangat peduli dengan MUI," jelasnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kyai Ma'ruf sendiri menyatakan rasa syukur bisa hadir pada acara pembukaan Mukernas ke-2 di Jakarta kali ini. "Sepanjang masih bisa dan memungkinkan, saya akan selalu hadir di acar MUI, ” ujarnya.

Pernyataan Kyai Ma'ruf bahwa MUI sudah dianggap rumah sendiri bukanlah tanpa alasan. Ia telah lama sekali mengkhidmatkan diri di organisasi tempat berkumpulnya ormas-ormas Islam tersebut. Bahkan, ia mengawalinya dengan menjadi anggota komisi fatwa.

Setelah itu ia mendapat amanah sebagai Wakil Ketua Komisi Fatwa. Selanjutnya ia dipercaya menjadi Ketua Komisi Fatwa, Ketua MUI Bidang Fatwa, Wakil Ketua Umum MUI, hingga Ketua Umum MUI. Sekarang, setelah menjadi Wakil Presiden, ia tetap berada di MUI sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.

“Kalau di MUI ada posisi lebih tinggi dari Ketua Umum, saya tidak akan pergi dari sini,” canda Kyai Ma'ruf.

Hadir dalam Pembukaan Mukernas ke-2 MUI itu di antaranya Wakil Menteri Agama KH Zainut Tauhid, Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud dan Buya Basri Bermanda, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, serta jajaran Ketua Bidang MUI, Wakil Sekjen MUI, Pimpinan Komisi Badan Lembaga (KBL) MUI, pimpinan MUI Provinsi, serta para pimpinan ormas Islam.

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image