Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novi Nur Kholifah

Gaya Hidup Halal untuk Hidup yang Lebih Baik

Gaya Hidup | Friday, 09 Dec 2022, 07:45 WIB

Saat ini gaya hidup halal sudah menjadi tren yang diminati oleh masyarakat luas bukan hanya masyarakat muslim saja,meningkatnya gaya hidup halal didasari oleh kesadaran akan perilaku kehidupan yang lebih baik.Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi mengatakan, peningkatan ini sejalan dengan gaya hidup halal yang mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan, serta membuat kondisi jasmani dan rohani individu semakin terjaga.

Seperti halnya dalam makanan atau kuliner halal,mengonsumsi makanan yang bersih tentu akan menjaga kesehatan,keamanan dan kondisi jiwa seseorang terjaga.Hal ini meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa makanan halal memberikan dampak positif terhadap tubuh.

Saat ini pasar produk halal bukan hanya masyarakat muslim saja tetapi masyarakat yang menginginkan kehidupan yang lebih baik dengan gaya hidup yang bersih,sehat dan berkualitas dan terjamin produknya oleh sertifikasi halal.

Tren konsumsi halal yang bukan hanya dilakukan oleh masyarakat muslim seperti ada banyak negara yang sudah menyediakan kuliner halal dinegara mereka meskipun masyarakatnya bukan mayoritas masyarakat muslim seperti Thailand,Selandia baru dan Jepang.

Thailand mengklaim diri sebagai Halal Kitchen of the World, Selandia baru sebagai salah satu pengekspor daging halal terbesar di dunia dan Jepang menjadikan halal industry sebagai Key Economic Contributor by 2020.

Dinegara kita yang masyarakatnya mayoritas muslim dan negara dengan penduduk muslim terbesar didunia membuat indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan fasilitas produk halal dengan lebih baik.

Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021 bahwa konsumsi produk halal Indonesia pada tahun 2019 mencapai 144 miliar dolar AS yang menjadikan Indonesia sebagai konsumen terbesar di sektor ini.

Berdasarkan data tingginya konsumsi masyarakat untuk produk halal bisa membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia,meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan industri halal untuk pertumbukan ekonomi nasional.

Produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian gaya hidup dengan nilai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image