Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azzril Arya Hidayat

Pentingnya produk halal bagi Indonesia dalam presfektif islam

Ekonomi Syariah | Friday, 09 Dec 2022, 00:30 WIB

Hukum mengonsumsi makanan yang halal dan haram sudah jelas terkandung dalam Alquran. Lalu, bagaimana dengan hukum halal produk-produk yang digunakan sehari-hari misalnya, sampo, sabun, deterjen, dan kosmetik?Beberapa waktu terakhir banyak produk yang memberikan label halal dengan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Produk halal ini diartikan sebagai produk-produk yang dibuat dari bahan dan proses yang halal sesuai ketentuan Islam.halal itu sangat tidak bisa dikesampingkan lagi, tidak hanya makanan dan minuman, tapi produk yang tidak dikonsumsi langsung," Menurut Ustazah Aini Aryani dari Rumah Fiqih Indonesia, umat Islam khusus nya di Indonesia, sebaiknya mengonsumsi dan menggunakan produk yang halal. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang meminta umat Islam untuk menjauhi segala sesuatu yang bersifat syubhat dan haram. Syubhat adalah segala sesuatu yang tidak jelas atau berada di antara halal dan haram."Nabi Muhammad mengatakan sesungguhnya halal itu jelas, haram itu jelas. Lalu, ada yang di antara keduanya atau tidak yakin halal atau haram, itu disebut syubhat. Kita diminta untuk menghindari syubhat, apalagi yang haram," terang Ustazah Aini.Aini menjelaskan sesuatu yang halal itu penting untuk ditegakkan oleh seorang Muslim. Menggunakan sesuatu yang halal dapat memberikan sejumlah manfaat.Menggunakan produk yang halal dapat menghilangkan kekhawatiran dan rasa bersalah."Menggunakan yang halal berarti menjaga agama dan untuk menghilangkan rasa was-was dari keraguan,"Sesuai surat Al-Maidah ayat 3, hal-hal yang diharamkan meliputi bangkai, darah, daging babi, daging yang disembelih tidak dengan nama Allah. Allah juga mengharamkan segala sesuatu yang mengandung khamar dan memiliki banyak mudarat.

Ketersediaan produk halal memiliki urgensi penting terkait kepastian hukum ketersediaan produk halal, memberikan keamanan, kenyamanan, dan perlindungan terhadap produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk, memberikan keuntungan timbal balik dan menumbuhkan.

Dengan meningkatkan perhatian kita pada kehalalan produk, mudah-mudahan Allah menjadikan Indonesia terbebas dari azab yang mungkin Allah berikan kepada kita sebagai peringatan dan menjadikan Indonesia sebagai negara Baldataun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang baik (nyaman).

Mendapatkan ridha dari Allah Swt. dan menuntun kita ke surga. Hikmah lain dari mengonsumsi makanan dan minuman halal adalah agar mendapat ridha Allah SWT. Dengan begitu, semua yang masuk ke dalam tubuh adalah hal-hal bersih. Seorang muslim bisa khusyuk dalam beribadah karena memilih jenis makanan dan minuman yang halal.

Allah swt juga menganjurkan bahwa umat islam harus mengkonsumsi produk halal di karenakan , makanan hallal dan baik akan menjadi daging dan darah dalam tubuh kita. Tengu kita tidak mau memiliki tubuh yang haram. makanan halal dan baik mencerminkan hati kita yang bersih dan tidak melakukan apa yang diharamkan Allah.

Kenapa makanan halal begitu penting bagi seorang muslim? Karena makananmerupakan kebutuhan pokok kita sebagai manusia, serta kesehatan juga ditentukan oleh makanan yang kita dikonsumsi. Aturan tersebut tentunya bertujuan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Dalam Al-Qur'an dan Hadits secara gamblang menjelaskan makanan halal ini meliputi makanan yang tidak memberi mudharat, tidak diharamkan oleh Allah dan Rasulullah, hewan ternak, hewan yang hidup di air, dan hewan hasil buruan dari hutan. Termasuk ikan, belalang, dan segala yang tidak menjijikkan.

Mengkonsumsi yang halal sebagai ibadah yang wajib,Jika makan maupun minum itu diniatkan sebagai aktivitas ibadah karena Allah, maka insya Allah kita pun akan memperoleh ganjaran pahala yang dijanjikan oleh Allah dengan ibadah yang dilakukan itu.

Makanan halal itu sangat memengaruhi akhlak seseorang. Dikabul atau tidaknya suatu doa. Keimanan dapat terkikis oleh makanan haram (termasuk bagaimana cara seseorang mendapatkannya) Makanan haram dapat mengeraskan hati, sebagaimana makanan halal dapat melunakkan hati. Makanan haram dapat membuat seseorang ke neraka.Makanan halal juga memiliki akhlakul karimah sebab jika makanan halal dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi sumber energi yang tidak hanya bisa digunakan untuk beraktivitas seperti belajar atau berolahraga namun juga bisa digunakan dalam beribadah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image