Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Melda

Bagaimana Peran Kebijakan Fiskal Islam dalam Mengatasi Inflasi untuk Memperbaiki Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi Syariah | Thursday, 08 Dec 2022, 14:59 WIB

Inflasi adalah suatu keadaan dimana terjadi kenaikan harga-harga secara umum dan berlangsung secara terus menerus. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan keadaan penurunan nilai mata uang secara terus menerus.

Dampak dari Inflasi

Menurut Prathama Rahardja dan Manurung, mereka mengatakan bahwa inflasi ini memiliki beberapa dampak yang buruk bagi individu dan masyarakat yaitu sebagai berikut :

 

a. Tingkat kesejahteraan masyarakat menjadi menurun

Terjadinya inflasi dalam suatu Negara dapat menyebabkan daya beli masyarakat menjadi berkurang, hal ini dikarenakan adanya kenaikan harga secara terus menerus.

b. Memperburuk distribusi pendapatan

ketika inflasi mengalami peningkatan, banyak masyarkat yang tidak mampu menaikan pendapatannya. Sehingga hal tersebut akan membuat kekuatan ekonomi mereka menjadi menurun.

c. Terganggunya stabilitas ekonomi

Terjadinya Inflasi dapat mengganggu stabilitas ekonomi dengan merusak perkiraan (ekspetasi) atas kondisi yang akan terjadi di masa depan para pelaku ekonomi. Baik itu pelaku ekonomi konsumen mau pun pelaku ekonomi produsen.

Dalam Islam, kebijakan fiskal merupakan salah satu perangkat untuk mencapai tujuan syariah yang menurut imam al Ghazali termasuk peningkatan kesejahteraan dengan tetap menjaga keimanan, kehidupan, intelektualitas, kekayaan dan kepemilikan.

kebijakan fiskal dalam islam merupakan tugas pemerintah dan hak fundamental, sehingga berfungsi sebagai alat untuk membangun sistem distribusi ekonomi yang adil, bukan hanya sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau pertumbuhan ekonomi.Karena cara kekayaan didistribusikan dalam masyarakat berdampak pada sifat masalah ekonomi yang mempengaruhi umat manusia.Untuk mempromosikan keamanan publik dan kesejahteraan umum, dana publik dipandang sebagai kepercayaan di tangan pihak berwenang dan harus difokuskan terutama pada orang miskin dan rentan secara sosial.sehingga tercipta keamanan masyarakat dan kesejahteraan umum.

Peran dari kebijakan fiskal dalam islam adalah untuk menciptakan stabilitas ekonomi, tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan pemerataa npendapatan, ditambah dengan tujuan lain yang terkandung dalam aturan Islam yaitu Islam menetapkan pada tempat yang tinggi akan terwujudnya persamaan dan demokrasi sesuai dengan QS. Al-Hasyr ayat 7, yang artinya :“Apa saja harta rampasan (fa’i) yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota- kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang- orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang- orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.”

Kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah sejalan dengan kebijakan moneter. Ada tiga cara yang dilakukan sebagai berikut :

a.) Mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

b.) Menaikkan tarif pajak. Jika tarif pajak dinaikkan tentu uang yang dapat dibelanjakan oleh masyarakat semakin berkurang, sehingga harga akan menurun.

c.) Mengadakan pinjaman pemerintah. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara otomatis tanpa kompromi terlebih dahulu misalnya agar uang tidak terlalu banyak beredar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image